Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa Juara 1 Tingkat Sumbar


Pasaman Barat - Kawasan Sumbar. Com Berdasarkan surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) nomor 414.5/976/DPMD/ 2021, menyatakan bahwa Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Karya Mandiri Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) meraih juara 1 tingkat Provinsi Sumbar. 

Selain itu, sesuai Surat Keputusan Gubernur Sumbar nomor 414.3-565-2021 tentang penetapan juara lomba Posyantek berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021 diputuskan bahwa Posyantek Karya Mandiri Pasbar berada di peringkat I dengan nilai 702,67. Disusul oleh Posyantek Bakisa Tanah Datar peringkat II dengan nilai 660,22 dan peringkat III Posyantek Maruna Padang Panjang dengan nilai 620,20.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Pasaman Barat Randy Hendrawan mengatakan bahwa Ketua Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa, Suyono telah berhasil mengharumkan nama Pasbar. Posyantek Karya Mandiri tersebut berdiri sejak 4 April 2016 berdasarkan musyawarah Nagari Kapa.
     Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa mempunyai lahan peternakan dan berbagai tempat yang bisa di buat untuk instalasi biogas dan juga mempunyai tempat pelatihan bagi masyarakat. Mulai dari mahasiswa, anak sekolah SMK yang magang.
    
Ia menyebutkan teknologi yang dihasilkan Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa, diantaranya teknologi tepat guna alat pengujian unsur hara tanah, mesin peralatan pembuat pakan ternak dan pembakaran arang.
      
Selain itu juga alat inovasi, diantaranya alat instalasi biogas, alat pencacah rumput dan alat multifungsi. Selain itu kegiatan pelatihan posyantek, pengolahan limbah ternak menjadi pupuk organik, pelatihan pengelolaan budi daya ikan air tawar dan pembuatan pakan terna.

"Tentunya terimakasih kita ucapkan kepada tim Posyantek Karya Mandiri, yang dipimpin oleh Pak Suyono sebagai perwakilan Kabupaten Pasbar telah mendapatkan prestasi terbaik 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat. Posyantek Karya Mandiri bisa berkontribusi terhadap masyarakat sekitar dalam pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk mempercepat alih teknologi dari sumber kepada pengguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi UMKM. Pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing produk serta mensejahterakan masyarakat,"katanya. 
      
Posyantek Karya Mandiri  beralamat di Jorong Padang Laweh Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Ia berharap Posyantek Karya Mandiri terus berprestasi karena sudah banyak berbuat untuk masyarakat. 
       
Ia mengatakan Posyantek di Pasaman Barat ada 19 Posyantek dan Posyantek Karya Mandiri yang mewakili Pasaman Barat ke tingkat provinsi.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Kapa Edi Hartono mengatakan bahwa Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa telah meraih dan mengharumkan nama Pasbar dan Nagari Kapa. Melalui Teknologi Tepat Guna (TTG) tersebut pihaknya akan memanfaatkan sumber daya yang ada di nagari, termasuk Posyantek Karya Mandiri. 

"Saat ini Posyantek Karya Mandiri sudah menghasilkan 10 ton pupuk organik sebulan. Jika ada bantuan alat dari pemerintah pusat, atau Dana Alokasi Khusus (DAK) maka akan dikembangkan lebih luas serta bisa membuka lapangan pekerjaan,"kata Edi Hartono.

Ia melanjutkan, pupuk organik yang dihasilkan dari kotoran sapi tersebut bisa digunakan untuk sawit, jagung dan tanaman lainnya. Apalagi saat ini pupuk subsidi dari pemerintah susah di dapatkan oleh petani.

"Kita berharap Posyantek Karya Mandiri Kapa bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih. Karena mempertahankan itu juga sulit dari mendapatkan. Prestasi itu juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi yang lainnya,"ujar Edi Hartono.

#Rajo alam
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto