Malam Nuzulul Quran, Wakil Ketua DPRD Endra Yama Putra.S.Pi Ingatkan Dua Hal


KAWASANSUMBAR.COM 

 Pasaman Barat | (sumbar) Al-qur’an diturunkan Allah melalui malaikat jibril kepada nabi kita Muhammad SAW, sebagai petunjuk, pembeda antara yang hak dan yang bathil serta sebagai penjelas atas segala sesuatunya.

Hal ini disampaikan Wakil ketua DPRD Endra Yama Putra.S.Pi dalam sambutannya saat memperingati Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan, di Mesjid Baiturahman Jorong Padang Halaban., Minggu (9/04/2023) malam.

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an 

Lebih lanjut Endra Yama Putra.S.Pi mengatakan Peringatan Nuzulul Qur’an bukan hanya sekedar simbol turunnya kitab suci Al-qur’an, namun dapat menjadi moment kebangkitan umat, banyak makna terkandung di dalamnya. Al-qur’an sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup umat islam.

"Ada dua makna yang terkandung dalam peringatan nuzulul Qur’an. Yang pertama, menjadikan peringatan nuzulul Qur’an ini sebagai instropeksi, dan yang kedua sebagai introprosfektif", jelas Endra Yama.

Intropeksi merupakan bahan perenungan, sudah sejauh mana kita membaca, menghafal dan mengamalkan isi kandungan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari. 

“Budaya membaca Al-qur’an harus dapat dipupuk sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari-hari masyarakat. Bukan hanya sekedar dapat membaca, masyarakat juga harus tahu arti dan mengamalkan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari", ucapnya.

Sedangkan introprosfektif, lanjutnya merupakan bagaimana dengan mempedomani Al-qur’an, kita bisa membangun kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat nantinya.

#Rajo Alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto