LPM Se Dharmasraya Ikuti Bimtek Tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Dharmasraya-Sumatera-Barat, Kawasansumbar.com -- Dalam upaya Memperkuat peran serta Lembaga Pemberdayaan  Masyarakat di Nagari untuk pembangunan di segala bidang.
LPM adalah mitra pemerintahan Nagari dalam pembangunan masyarakatnya,maka dari itu pengurus LPM Nagari harus mampu meningkatkan Wawasan dan Sumber daya manusianya.Terkait upaya tersebut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa( DPMD) Propinsi Sumatera Barat mengelar Bimbingan Teknis( Bimtek) Kapasitas Lembaga pemberdayaan Masyarakat( LPM) Nagari Angkatan I dan II, yang di ikuti oleh para pengurus LPM Nagari yang terdiri dari Ketua LPM, Sekretaris LPM, Bendahara LPM, bidang-bidang, Ketua Pemuda Nagari pilihan, Bundo kanduang pilihan dan Kepala jorong Pilihan Se Dharmasraya.
Kegiatan Tersebut di laksanakan selama dua hari berturut-turut(10-11/06/24),
Di auditorium Komplek Kantor Bupati Dharmasraya.untuk Angkatan pertama hari senen Tanggal 10-juni- 2024  dan untuk Angkatan II selasa 11- juni- 2024.
(10/06/24).

Peserta Bimtek ini berjumlah  Lebih kurang 260 orang berasal dari 52 Nagari Se Dharmasraya. Bimtek ini mengambil tema “Melalui Bimbingan Teknis Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM) kita tingkatkan Peranan dan Fungsi Kelembagaan LPM di Nagari Menuju Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Dan Desa propinsi Sumatera Barat yang di wakili oleh Sekretaris DPMD Propinsi Sumatera Barat Amriman S.Pd.M.Si mengatakan bahwa LPM sangat besar perannya di tengah masyarakat. Disamping sebagai perencana pembangunan juga sebagai wadah partisipasi masyarakat di Nagari. LPM sebagai Mitra Pemerintah Nagari terutama dalam mendukung peningkatan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Mantan guru SMA 1 Muaro sijunjung ini juga mengharapkan kepada seluruh LPM agar selalu meningkatkan peran dan fungsinya sehingga pembangunan nagari-nagari di Dharmasraya akan lebih meningkat dan berkembang.

Amriman juga katakan bahwa pelaksanaan kegiatan dasar hukumnya adalah Per men Dagri No. 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.Maksud dan tujuannya adalah, agar pengurus atau anggota LPM Nagari/ desa mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja yang baik, sesuai dengan maksud dan tujuan Permendagri No. 18 tahun 2018 tentang LKD dan LAD beserta peraturan pendukung lainnya.

Disamping itu agar pengurus LPM Nagari memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra pemerintahan Nagari terutama dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Nagari. Disamping itu juga membina anggota LPM Nagari dari aspek penguatan SDM dalam rangka meningkatkan kapasitas, peran, tugas dan fungsi kelembagaan LPM Nagari dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat,meningkatkan partisipasi masyarakat dan membangun jejaring pemberdayaan serta menciptakan inovasi dalam meningkatkan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintahan Nagari/ desa kepada masyarakat, menanamkan serta mengukuhkan persatuan dan kesatuan masyarakat,menyusun rencana, melaksanakan, mengendalikan, melestarikan, dan mengembangkan hasil pembangunan secara partisipatif, menumbuhkan,mengembangkan dan menggerakkan prakarsa, partisipatif, swadaya, serta gotong-royong masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan SDM yang sesuai dengan visi pemerintah propinsi Sumatera Barat yaitu mewujudkan Sumbar Madani yang unggul dan berkelanjutan.
Lanjutnya pada misi kedua yaitu meningkatkan SDM yang Beraklak Mulia, sehat berpengetahuan,Trampil,berdaya saing.melalui peningkatan SDM tersebut, diharapkan mampu untuk menbantu menjawab  permasalahan yang ada di atas. Peningkatan SDM ini dilakukan dalam bentuk kegiatan bimbingan teknis dimana bimtek bagi pengurus LPM merupakan salah satu strategi yang tepat dalam mencarikan solusi terbaik ditambah lagi dengan mengikut sertakan  unsur lembaga yang ada seperti kepala jorong,ketua pemuda,bundo kanduang nagari dalam rangka memberikan penguatan peran dan fungsi lembaga LPM Nagari maka pemerintah propinsi Sumatera barat Bersama DPRD Propinsi Sumatera Barat menginisiasi penyelenggaraan Bimtek bagi LPM Nagari Se kabupaten Dharmasraya yang dalam hal ini merupakan pokok-pokok pikiran dari Bapak Drs.H. syafruddin putra.M.Si DT. Sungguno dan ini juga merupakan amanah yang telah disusun oleh pemerintah propinsi Sumatera barat bersama DPRD Sumatera barat yang mana ini bentuk kepedulian Komitmen pemerintahan propinsi bersama DPRD Propinsi Sumatera Barat dalam upaya peningkatan Kapasitan SDM Kelembagaan LPM Nagari
menuju Sumatera Barat Madani yang unggul dan berkelanjutan terangnya.

Sebelum mengakhiri Sambutannya Sekretaris DPMD propinsi sumatera barat Amriman berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Dharmasraya Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dharmasraya yang hadir pada saat ini Begitu juga memberikan peningkatan Kapasitas dan penguatan atau penambahan bekal terhadap peran LPM dalam pembangunan Masyarakat Melalui Kegiatan Bimtek atau kegiatan sejenis yang di danai oleh APBD Kabupaten Dharmasraya pada masa-masa yang akan datang tutup mantan guru SMA 1 Muaro sijunjung ini.

Sementara itu di hari Pertama Bimtek LPM Nagari Angkatan I , ketua panitia pelaksana kegiatan Ibu Quartita Evari Hamdani.SKM.MM Kabid.Kelembagaan Masyarakat dan adat Dinas pemberdayaan Masyarakat dan desa propinsi Sumatera Barat juga Melaporkan bahwa  dasar hukum pelaksanaan Kegiatan sesuai dengan undang-undang no.6 tahun 2014 tentang desa, Peraturan Pemerintah no.43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan undang-undang no.6 tahun 2024 tentang desa beserta segala perubahannya Permendagri no.42 tahun 2005 tentang Pedoman  penyelenggaraan BPGRM.Permendagri no.18 tahun 2018 tentang LKD dan LAD kemudian Keputusan Kepala Dinas PMD Propinsi Sumatera Barat Tentang Penyelenggaraan Peserta,Panitia,Narasumber,Moderator, MC, dan Pembaca Doa Kegiatan Bimtek angkatan I serta Surat Sekretaris Daerah propinsi Sumatera Barat tentang Perihal Pemanggilan Peserta Bimtek LPM Angkatan I.terang Quartita.

Narasumber Bimtek Angkatan I Huriyatul Akmal Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam UIN Iman bonjol, Anggotan DPRD Propinsi Sumatera Barat Drs.H. Syafruddin Putra.M.Si.DT. sungguno. dan dari Dinas PMD propinsi Sumatera Barat.Turut hadir di Kegiatan Bimtek LPM Nagari Angkatan I ini Kepala Dinas PMD propinsi Sumatera Barat yang di wakili oleh Sekretaris DPMD Propnsi Sumatera,Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan adat DPMD Propinsi Sumatera Barat Beserta jajaran,Kepala Dinas PMD Kabupaten Dharmasraya beserta jajaran,Narasumber,Moderator, Segenap panitia pelaksana Kegiatan Bimtek LPM Nagari Tingkat propinsi Sumatera Barat Tahun 2024, para Peserta Bimtek LPM Nagari,Kepala jorong pilihan, Ketua Pemuda Nagari pilihan, Bundo Kanduang Pilihan dan Tokoh Masyarakat.


# Sonia chaniago
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto