Buaya Muncul Di Pantai Carocok Pesisir Selatan Sumbar

Ilustrasi Buaya

Pesisir Selatan, Sumbar (KS). Seekor buaya muncul disalah satu kawasan wisata, Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Reptil tersebut diketahui sudah kerap terlihat warga dan pengunjung sejak seminggu belakangan. 

Namun sekarang masyarakat sudah mulai resah dengan kehadiran buaya tersebut, karena bisa membahayakan bagi masyarakat setempat dan juga pengunjung objek wisata pantai Carocok. Dikabarkan, buaya yang sering terlihat itu hanya satu ekor tapi cukup besar dan memprihatinkan akan berkurangnya pengunjung yang datang untuk berlibur dan bermain air laut.

Yuhendro Nasir, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pesisir Selatan, saat dimintai keterangan via telepon oleh langkan.id hari ini menyebutkan "kabar munculnya buaya tersebut sudah menjadi perbincangan pengunjung dan masyarakat. Hal ini katanya, juga sudah dilaporkan ke Balai dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar", kata Yuhendro.

Tapi, kata Yuhendro, BKSDA tidak bisa bertindak karena buaya tersebut berada dihabitatnya. "Selagi tidak menggangu, BKSDA tidak dapat berbuat apa-apa. Itu kata BKSDA kepada kita, tuturnya. Sekarang kita menunggu tindak lanjut dari BKSDA, ucap Yuhendro melanjutkan, sehubungan dengan surat resmi yang telah dikirim Dispora Pesisir Selatan ke BKSDA Sumbar untuk tindak lanjut penampakan buaya di pantai ini.

Kepada pengunjung objek wisata pantai Yuhendro menghimbau agar tetap waspada saat bermain di dalam air/berenang. Dengan adanya penampakan buaya ini Yuhendro mengklaim tidak memengaruhi jumlah kunjungan wisata yang datang ke pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan.

"Kurangi dulu bermain air, takutnya buaya itu muncul secara tiba-tiba. Kalau informasi dari masyarakat setempat, terakhir buaya itu terlihat di tepi pantai Cingkuak", kata Yuhendro.

Hingga saat ini belum ada respons dari BKSDA Sumbar dalam penanganan terhadap kemunculan buaya di pantai Carocok ini. 

#Erni | Irwanda


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto