Dengan Video Upload Di Youtube Hari Ini Joko Widodo Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru




Jakarta. KS- Hari ini, Senin 26 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia. Dalam film yang di unggah youtube berdurasj satu menit itu, disampaikan bahwa pengumuman ibu kota baru akan disiarkan secara langsung.

Sebelumnya Joko sempat meninta izin di hadapan anggota parlemen saat hadir di Sidang Tahunan MPR RI 2019, pada 16 Agustus lalu. Dalam sidang itu Joko hanga menyebutkan bahwa lokasinya adalah Kalimantan. Namun, lokasi tepatnya belum ia ungkap.

Pusat Kajian Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah (PKPOKD) Universitas Mulawarman Samarinda, Aji Sofyan Efendi, memprediksi tiga titik yang akan menjadi lokasi ibu kota, dilansir antara (24/8).

Ia meyakini tim pusat akan memilih salah satu dari tiga lokasi itu, karena masing-masing titik merupakan kawasan strategis. Yaitu : Samboja di Kutai Negara, Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kecamatan Sepaku di Pantai Paser Utara.

"Atas berbagai keunggulan ini, maka lokasi ibu kota tidak jauh dari tiga kawasan yang saya sebut tadi. Setelah ibu kota benar-benar pindah, maka infrastruktur dasaf akan terpenuhi yang pada akhirnya akan menurunkan Incremental Capital Rasio (Icon) alias produksi, konsumsi, dan distribusi barang/jasa mengecil, sehingga mampu meningkatkan investasi", ujar Ali.



"Dengan memohon ridho Allah Swt, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak, Ibu, anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokog bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke pulau Kalimantan", demikian kata Joko dalam Sidang Tahunan MPR RI.

Jokowi selama ini, memang belum spesifik menyampaikan lokasinya. Maka dengan video pendek, Joko mengumumkan akan memberitahukan kepada rakyat Indonesia tentang hal itu, hari ini, Senin (26/8) seperti yang dikutip dari IDN News.


#rni | IDNNews.com
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto