PPM Kota Padang Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan


Padang Ks Pemuda Panca Marga (PPM)Kota Padang menyelenggarakan seminar wawasan kebangsaan di Hotel Jakarta, Jl. Belakang Olo, Kecamatan Padang Barat, Rabu (23/10/2019).dengan tema mempererat nasionalisme demi keutuhan NKRI, dalam kesempatan itu secara resmi kepala kantor kesatuan bangsa dan politik ( Kesbangpol ) Imral fauzi membuka kegiatan tersebut

Sebagaimana tema yang diangkat dalam seminar ini yakni "Mempererat Rasa Nasionalisme Demi Keutuhan NKRI". Adapun pemateri dalam seminar ini yakni, Kolonel Infantri  Budi Prasetio Kasi Teritorial Korem 032 Wirabraja, Akdemisi Universitas Andalas Asrinaldi dan Kepala Kantor Kesbangpol Imral Fauzi.

Dalam kesempatan tersebut, Imral Fauzi menilai adanya penurunan nilai-nilai wawasan kebangsaan ditengah-tengah masyarakat  kita, diantaranya berkembangnya radikalisme/terorisme, berita hoax, ujaran kebencian, tawuran, penyalahgunaan obat terlarang .
"Maka itu, Pemko Padang memberikan apresiasi atas terselenggara kegiatan ini dan semoga melalui seminar ini dapat meningkatkan nilai-nilai wawasan kebangsaan bagi masyarakat luas," jelasnya.


Ia mengungkapkan, sejauh ini Pemko Padang telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan kepada warga Kota Padang,  diantaranya, Deklarasi Padang Bebas Maksiat, pelaksanaan Program 18.21, penyusunan Perda ketahanan Keluarga, menggelar latihan/bimtek wawasan kebangsaan dan beberapa kegiatan lainnya

"Tidak bisa kita pungkiri bahwa, radikalisme sudah mulai masuk kedalam sendi kehidupan masyarakat, maka dari itu Pemko Padang melakukan pencegahan melalui berbagai program, salah satunya program keagamaan," ulasnya.

Lebih jauh dikatakan Imral, pada Desember 2019 nanti, dalam rangka peringatan  Hari Bela Negara (HBN) yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2019, Pemko Padang akan melaksanakan kegiatan Seminar Nasional, Upacara Bendera dan Napak Tilas Bela Negara "Kita akan isi berbagai rangkaian acara, dan kami harapkan bapak ibuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut" imbuhnya.

Ia berharap, melalui seminar, napak tilas dan upacara ini adanya peningkatan nilai-nilai kebangsaan, sehingga membantu pemerintah mewujudkan suasana kondusif dan tentram dalam bernegara. “Semoga ini dapat tercapai sesuai yang diharapkan,” paparnya mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) PMM Kota Padang Yudha Putra  mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda, khususnya di Kota Padang agar memiliki wawasan kebangsaan demi menjaga stabilitas keamanan bangsa demi keutuhan NKRI.

"Bila pemahaman wawasan kebangsaan seluruh komponen masyarakat meningkat, maka kuatlah keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI. Karena secara sadar akan muncul semangat atau dorongan hati yang kuat untuk cinta tanah air," ungkapnya.

Disamping itu, kita sangat berharap seluruh generasi muda Kota Padang untuk meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya radikalisme, terorisme  yang dapat mengancam NKRI,  NKRI bagi kita semua harga mati, tidak bisa ditawar-tawar, sebut Yudha Putra.

Seminar ini melibatkan semua elemen kepemudaan dan masyarakat, diantaranya, Pemuda Pancasila,Karang Taruna, Komunitas Peduli Sungai, KNPI, Karantaruna dan komunitas lainnya
#Ridwan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto