Cucut Geger Lintang Terjerat Pukad Nelayan Di Pantai Tan Sridano Pesisir Selatan


Kawasan Sumbar com.Pessel Seekor  Ikan Hiu tutul atau cucut geger lintang,yan disebut juga hiu paus, (Rhincodon typus)sepanjang 7,3 meter yang berbobot lebih kurang satu ton tersebut terjerat pukat tepi milik nelayan tradisional setempat, sekitar pukul 06:00 WIB,hari Rabu,20 November 2019 di Pantai Tan Sridano, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Nelayan berupaya menggiring ikan tersebut hingga empat kali, ikan tersebut masih dalam keadaan hidup.namun Pada siang harinya kondisi ikan sudah mati, dan dilokasi tersebut ratusan warga antusias melihat ikan yang terdampar itu


Sementara itu, Camat Batang Kapas, Wendra Rovikto menyebutkan pihaknya telah mengkoordinasikan kejadian itu ke Dinas Perikanan setempat terkait langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya.

Sebelum nya dgn waktu yg berdekatan,,tepatnya pada hari Selasa, 9 Agustus 2019 sekitar jam 16.05 seekor Hiu Tutul sepanjang 6 meter dalam keadaan hidup, juga terdampar di Pantai taluak batuang ,kanagarian ampek koto hilie kecamatan batangkapeh,lokasi terdampar saat itu berjarak sekitar 8km dari lokasi ikan sejenis terdampar pada saat ini.di temukan dlm keadaan hidup,tapi keesokan hari nya mati juga...

Di Indonesia, hampir setiap tahun diberitakan adanya hiu tutul yang terdampar di pantai atau terjerat jaring nelayan. Catatan ini setidaknya ada mulai tahun 1980.Akan tetapi, kejadian terbanyak adalah di sekitar Selat Madura, di mana tingginya lalu lintas kapal dan keruwetan jaring nelayan mungkin menyumbang pada kematian hiu tutul di setiap tahunnya.

Hiu tutul adalah hiu pemakanplankton yang merupakan spesies ikan terbesar. Cucut ini mendapatkan namanya (Ingg.: whale shark) karena ukuran tubuhnya yang besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Disebut pula dengan nama hiu tutul (nama yang cenderung menyesatkan, karena banyak jenis cucut yang berpola tutul), merujuk pada pola warna di punggungnya yang bertotol-totol, serupa bintang di langit.
Hiu tutul merupakan hewan terbesar yang masih hidup di dunia, di luar paus. Ukuran rata-rata hewan dewasa diperkirakan sekitar 9,7 meter (31,8 ft) dan seberat 9 ton. Spesimen terbesar yang dapat diverifikasi, adalah yang tertangkap pada 11 November 1947, di Karachi, Pakistan. Panjangnya sekitar 12,65 meter dan beratnya lebih dari 21,5 ton, sementara lingkar badannya sekitar 2,1 meter.

Upaya konservasi dan perlindungan jenis ini  telah dilakukan beberapa negara, terutama berupa larangan untuk memburu, menangkap, dan memperdagangkan cucut besar ini. Filipina, misalnya, telah menerbitkan larangan menangkap, menjual, mengimpor atau mengekspornya sejak 1998. Larangan ini kemudian diikuti oleh India pada 2001 dan Taiwan pada 2007. Maladewa bahkan telah melindunginya semenjak 1995. Akan tetapi di Indonesia hewan ini masih belum mendapatkan perhatian yang cukup.

#shee
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto