Procrastinator Tentara Terbesar Iblis


 Catatan Inspiratif : Ruslan Ismail Mage

SIPIL INSTITUTE. Sering kita mendengar orang berkata setengah mengeluh kalau tidak murni mengeluh bahwa "andaikan waktu bisa diputar kembali" mungkin hasilnya tidak seperti ini. Itulah salah satu keluhan yang ternibilang familiar bagi bagi orang yang lalai memanfaatkan waktu menabung ilmu pengetahuan, lalai menggunakan waktu menggali potensi diri. Sang waktu tidak akan berhenti sejanak dengan alasan apa pun. Roda waktu terus berputar bergerak maju menuju masa depan cerah membawa orang-orang yang menghargainya, dan menggilas tanpa ampun orang-orang yang mengabaikannya.

Demikian pentingnya sang waktu, sampai Allah SWT mengingatkan dalam FirmanNya : "Demi massa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam keraguan, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran". (QS. Al-Ashar : 1-3).
Kalau Allah SWT bersumpah dengan menyebut nama masa (waktu) itu berarti manusia diingatkan agar jangan menyia-nyiakan waktu. Karena satunya yang tidak bisa didaur ulang adalah waktu. Jika kehiangan uang bisa diganti dengan bekerja, kehilangan ilmu bisa diganti dengan belajar, kehilangan kesehatan bisa diganti dengan berobat ke dokter, kehilangan tenaga bisa diganti dengan istirahat penuh, namun jika kehilanhan waktu bagaimana cara menggantikannya.


Jadi ancaman paling membahayakan bagi masa depan adalah mengabaikan waktu. Serangan paling mematikan masa depan adalah menunda-nunda waktu. Pencuri paling licik bagi masa depan adalah hidup santai, dan terorisme paling menakutkan masa depan adalah kemalasan. Itu berarti mengabaikan waktu, menunda-nunda waktu, gemar hidup santai, memelihara kemalasan, adalah racun paling ampuh yang akan membinasakan masa depan.
Abu Qa'qa' Muhammad bin Shalih mengatakan : "Jauhilah sikap menunda karena ia adalah tentara terbesar Iblis".
Sahabat pembelajar, semoga kita terhindar dari pasukan elit Iblis bernama "Procrastinator" yang setiap saat mengintai manusia untuk di seret masuk ke dalam jurang kegelapan.

Procrastinator adalah orang yang amat suka menunda waktu (pekerjaan) hingga jelang hari atau menit akhir dari batas wakru.  Procrastinator ini penting di perkenalkan, karena dalam wawancara imajinerku dgn Bill Gates (pendiri Microsoft), Mark Zwckerberg (pendiri Facebook), Larry Page & Sergey Brin (pendiri Google), ketiganya mengatakan bisa sukses dan menjadi tiga orang terkaya di dunia karena selalu menghindari menjadi Procrastinator. Tentang waktu kita memiliki persamaan dgn ketiganya, yaitu sama-sama memiliki waktu 24 jam 1440 menit 86400 detik setiap hari. Perbedaan nya terletak cara memperlakukan waktu itu sendiri. Sibodoh berpikir bagaimana menghabiskan waktu, sipecundang berpikir bagaimana membuang waktu, sementara sang pemenang berpikir bagaimana memanfaatkan waktu. Tinggal milih. (Salam  cerdas memanfaatkan waktu)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto