Untuk mengukur Kemampuan Fisik," Taruna-Taruni serta Catar dan Catir Poltekpel Sumbar Ikuti tes Kesamaptaan



Padang Pariaman Ks seluruh taruna dan taruni Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mengikuti kegiatan kesamaptaan Rabu ( 6/11 ),Tes Kesamaptaan ini dilakukan untuk mengukur kemampuan fisik setiap taruna dan taruni. Hal ini diperlukan, karena selama menjalani pendidikan di Poltekpel Sumbar akan terdapat kegiatan yang membutuhkan fisik yang prima.

Terlibat dalam kegiatan ini, 173 taruna dan taruni serta 229 catar dan catir Poltekpel Sumbar, beberapa Pengasuh Taruna (Pasuhtar) dan tim dari Pusat Pembangunan Karakter taruna. Kegiatan didampingi oleh Wakil Direktur III Capt.Dedy Kurniadi, M.M selaku Wakil Direktur Bidang Ketarunaan, Kasubbag Kepegawaian dan Umum Capt. Muman Yitno Sutrisna, S.Si.T.,M.M, serta Kepala Pusat Pembangunan Karakter Albertus Eko Kuswinoto, S.Si.T .


Tes samapta ini dilaksanakan setiap enam bulan sekali (setiap semester) dan bertujuan untuk mengetahui secara umum tingkat kemampuan fisik taruna dan catar. Hasil tes digunakan sebagai bahan laporan semester sehingga tes semapta ini mutlak dilaksanakan oleh seluruh taruna maupun catar setiap enam bulan sekali. Tes diselenggarakan oleh tim dari Pusat Pembangunan Karakter Poltekpel Sumbar dengan tetap mengutamakan unsur safety.


Sebelum pelaksanaan tes samapta, terlebih dahulu dilaksanakan tes kesehatan seperti cek tensi darah, berat dan tinggi badan oleh tim medis Poliklinik Poltekpel Sumbar. Maksud diadakan cek kesehatan ini untuk mengetahui kesiapan seluruh taruna dan catar untuk bisa mengikuti samapta atau tidak, selanjutnya dilaksanabkan pemanasan atau peregangan otot yang dipimpin oleh Pasuhtar .


Adapun materi Tes kesamaptaan jasmani meliputi lari selama 12 menit, ‘pull up’, ‘sit up’, ‘push up’, ‘shuttle run’, keseimbangan, dan renang. Hasil akhir dari pelaksanaan tes kesemaptaan jasmani yang rutin dilaksanakan ini adalah terciptanya kondisi fisik yang prima bagi seluruh taruna taruni Poltekpel Sumbar.

#poltekpelsumbar


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto