Pemda Tanah Datar Buka Acara Launching Aplikasi Pesona Wisata Tanah Datar Tahun 2020 di Pasar Vander Capellen Batusangkar.


Tanah Datar, KS Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar menggelar acara Launching Aplikasi Pesona Pariwisata Tanah  Datar, Sabtu, (2/2/20), bertempat di Benteng Vander Capelen Batusangkar.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Saprial, Bupati Tanah Datar
Irdinansyah Tarmizi, Wakil Bupati Zuldafri Darma, Sekda Tanah Datar, Kadis Pariwisata Tanah Datar Abdul Hakim, Kapolres Tanah Datar, Dandim 0307  Tanah Datar, Menejer Hotel Emersia Batusangkar, Kejari Tanah Datar serta undangan lainnya.Tak ketinggalan masyarakat Tanah Datar dari berbagai elemen ikut memadati Pasar Van Der Capelen yang merupakan benteng pertahanan Belanda di masa dahulu dan sekarang menjadi kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar.Di sampingnya pun sekarang dijadikan salah satu icon wisata kuliner dan kerajinan anĂ k-anak Nagari di Tanah Datar yang dikenal sebagai Pasar Van Der Cappelen.

Acara dibuka dengan tari pasambahan dan berbagai atraksi kesenian yang dibawakan langsung oleh para generasi muda.Dengan kepiawaian mereka dalam memainkan berbagai alat musik tradisional dan modern.

Dalam sambutannya Kadis Parpora Tanah Datar selaku ketua pelaksana menyampaikan Laporan terselenggaranya acara tentang
adanya Peraturan Kadis Parpora Tanah Datar. Hakim mengatakan bahwa maksud dan tujuan adalah  untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus mengenalkan dan mempromosikan wisata Tanah Datar.

"Ada 73 ivent yang terlaksana di Tanah Datar selama tahun 2019 lalu.Yang banyak dilakukan oleh Komunitas Seni Tanah Datar" katanya.

Selaku Ketua Panitia Pelakasana Kadis Paarpora juga menyampaikan bahwa "Pasar Van Der Cappelen yang merupakan salah satu icon destinasi wisata Tanah Datar akan diadakan juga setiap malam minggu yang selama ini  hanya pada hari minggu pagi saja"ujarnya.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuladafri Darma. SH mengatakan bahwa sangat mengapreaiasi semua kesuksesan yang dilakukan Dinaa Parpora Kabupaten Tanah Datar dalam memajukan destinasi wisata yang selalu melibatkan seluruh pelaku dan penggerak wisata di Tanah Datar.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Saprial menekankan kalau aplikasi wisata yang disenangi wisatawan adalah yang simpel dan jadwal wisata ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

"Dan Pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi dan memberikan aplus wisata di Tanah Datar terutama Istano Baao Pagaruyung dan Atrasui Pacu Jawi" sampainya di akhir kata sambutannya.

Menejer Hotel Emersia juga menyampaikan hal yang sama.Ia mengatakan bahwa sangat bagus dengan diadakannya Pasar Wisata Van der Cappelen pada malam minggu akan membuat Kota  Batusangkar lebih hidup dan ramai.

Ia juga mengatakan bahwa siap membantu  memajukan wisata dan memberikan dorongan kepada pelaku wisata di Tanah Datar.

Pemerintah Daerah bersama masyarakat tentunya berharap agar kedepannya wisata si Tanah Datar lebih maju dan berkemvang sehingga dapat memberikan pemasukan bagi masyarakat san Kabupaten Tanah Datar.

#(Fernando Stroom)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto