Empat Warga Ophir Positif DBD (Demam Berdarah Dengue)


PASBAR, Kawasan Sumbar.COM--
Positif DBD (Demam Berdarah Dengue), Empat orang Warga Ophir Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Satu Sembuh dan Tiga lagi Masih Dirawat Di RS Yarsi.

Ke Empat pasien tersebut berada di satu lokasi yang berdekatan. Satu dari empat pasien sudah sembuh, sementara tiga pasien lainnya masih di rawat di RS Yarsi Simpang Empat, Jon Hardi Membenarkan.

"Sementara itu kondisi kesehatan tiga pasien lainnya stabil dan dalam perawatan petugas medis di Rumah Sakit Sementara itu Satu pasien Sudah Sembuh," ujar Jon Hardi, Kamis (18/06/2020).


Jon Hardi menambahkan, kasus DBD tersebut diketahui pada pasien pertama, Senin (15/6/2020) dan tiga kasus lainnya ditemukan Rabu (17/6/2020) kemarin. Mengetahui hal itu, pihaknya bersama tim langsung terjun ke lokasi untuk melakukan peninjauan terhadap pemukiman masyarakat sekitar.

"Tim langsung turun ke lapangan meninjau pemukiman masyarakat sekitar dan memang ditemukan jentik nyamuk di beberapa titik di seputar pemukiman masyarakat," pungkas Jon Hardi.

Dijelaskannya, untuk melakukan langkah pencegahan, rencananya masyarakat sekitar pada Sabtu (20/6/2020) nanti akan bersama-sama melakukan gotong-royong untuk membersihkan lingkungan dan sekaligus tim akan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat agar dapat memahami langkah yang akan dilakukan untuk mencegah DBD.

"Kita akan lakukan gotong-royong dengan masyarakat dan sekaligus penyuluhan yang dilanjutkan dengan fogging (penyemprotan asap) untuk melakukan pencegahan," sebutnya.

Jon Hardi menambahkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, bulan Juni memang menjadi bulan yang rawan kasus DBD karena seiring dengan cuaca ekstrim dan curah hujan tinggi. Sehingga, masyarakat harus memperhatikan lingkungan dan kondisi kebersihan agar terhindar dari penyakit.

"Mari kita kita jaga lingkungan dan kondisi kesehatan untuk menghindari DBD, terlebih dalam kondisi tingginya curah hujan saat ini,"

* Yulda M
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto