Jembatan Gantung(Rajang) Kampung Nelayan menuju Pondok Memprihatinkan Jika Dibiarkan, Membahayakan Warga


Pasaman Barat, Kawasan Sumbar.Com – Warga Sasak, Kecamatan Sasak Ranah pasisia telah lama mendambakan perbaikan jembatan gantung Kampung Nelayan. Pasalnya jembatan tersebut merupakan akses penghubung sejumlah nagari yang ada di daerah tersebut.


Sasak merupakan salah satu daerah
Kampung Nelayan Kabupaten Pasaman Barat yang berada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia . Kondisi jembatan Kampung Nelayan yang merupakan akses penghubung antar nagari ini, cukup memprihatinkan.

Wakil Ketua DPRD, dalam status Akun Facebook nya  mengatakan, jembatan yang panjangnya sekitar 50 meter itu papan pondasinya sudah banyak rusak dan berlubang. Bahkan, paku papan juga sudah tidak merekat lagi dan mulai bermunculan.

“Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan masyarakat. Kalau ini dibiarkan, bisa membahayakan warga yang melintasi jembatan ini terutama pada malam hari. Untuk itulah warga meminta Pak Endra Yama Putra bersama Camat setempat meninjau langsung kondisi jembatan,” katanya

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Endra Yama Putra yang mendapat laporan dari masyarakat, beberapa hari yang Lalu, melakukan kunjungan ke Kampung Nelayan. Ia melihat secara langsung kondisi jembatan tersebut. Saat kunjungan itu, Endra Yama juga bersama dengan pihak dari Kecamatan dan Masyarakat.

Pada saat kunjungan tersebut, Endra Yama menilai perbaikan jembatan tersebut sangatlah mendesak. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, kondisi lantai jembatan akan semakin parah. Tidak hanya akan menghambat akses antar permukiman warga, akan tetapi juga bisa membahayakan.

Untuk itu Endra Yama mengatakan, pihaknya akan mengusulkan dalam perencanaan pembangunan tahun 2020 dengan harapan pada anggaran 2020 pengerjaan perbaikannya bisa terealisasi.

“Kita juga sudah membawa langsung (Camat)Kecamatan Ranah pasisie untuk langsung meninjau kondisi jembatan ini,” kata Endra Yama.

Sementara, Wakil Ketua DPRD, Endra Yama Putra dan Camat menjelaskan, perencanaan pembangunan jembatan penghubung Kampung Nelayan Menuju Pondok  ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap perencanaan jangka pendek dan perencanaan jangka panjang.

“Untuk sementara waktu jembatan penghubung ini akan dimasukkan dalam perencanaan jangka pendek yaitu perbaikan. Mudah-mudahan pengerjaannya mulai dilaksanakan

Endra Yama menambahkan, perbaikan jangka pendek dengan mengganti kayu-kayu lantai jembatan yang sudah dalam kondisi rusak. (Rajo Alam)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto