Pak BUPATI,Warga Patomuan Talu Butuh Normalisasi Sungai dan Penguatan Tebing Beronjong .


Pasaman Barat, Kawasan Sumbar.Com
Tebing Terban Lokasi Pinggir sungai Batang Talu. Butuh normalisasi sungai dan penguatan tebing (Baronjong).
 Kwatir bila air bahkan bisa mengikis tanah di perkampungan Lubuak Poniang, Jorong Patomuan Nagari Talu. Kecamatan Talamau Pasaman Barat. itulah kalimat status akun Facebook Dodi Ifanda, Selasa (16/06/2020).

Saat awak media meminta penjelasan akan informasi ini kepada Dodi ifanda mengatakan memang benar adanya pengikisan tebing karena air bah beberapa waktu lalu.


Dodi ifanda yang aktif pegiat medsos sangat menyayangkan pihak terkait untuk pembangunan di nagari Talu yang belum respon atas keadaan tebing batang Talu yang mengikis kampung halaman nya tersebut.

Ia sudah sampaikan perihal dampak erosi sungai Batang Talu tersebut, sudah mengirimkan photo tebing runtuh ke pihak wali nagari, camat,Dinas PU dan BPBD PASBAR, Saya sudah kirim photo keadaan tebing yang riskan akan terkikis air bila air bah datang. Mohon kepada Kepada dinas PU dan BPBD Pasbar menanggulangi normalisasi sungai Batang tamu dan perlu penguatan tebing dengan  baronjong" harapnya

Ia menambahkan kalau saya dan beberapa warga sudah mengusulkan ke wali nagari mengenai pembangunan Bronjong namun sampai sekarang belum tau perkembangan realisasi dari wali nagari.

Saya sudah mengatakan kewali nagari untuk menghadap kebupati Pasbar H. Yulianto, S.H., M.M. agar Bronjong yang sedang dibutuhkan tersebut bisa direalisasikan langsung oleh Bupati kata Dodi kewali nagari.

"Kalau tidak saya yang sampaikan, boleh juga di anggarkan oleh anggota dewan yang sudah terpilih di kampung saya ini,"tandasnya.

Tidak tebing di JorongPatomuan saja yang terban, di jorong Sungai Jonuah Talu juga ditemukan pengikikisan tebing bahkan hampir mengikis ke salah satu rumah warga.

Candra Kelana menyampaikan tersebut sangat kewatir sekali dengan keadaan seperti ini karena berakibat kan fatal sekali jikalau terjadi hujan deras menguyur kampung kami ini, kami warga kecil ini hendaklah bupati pasbar bapak Yulianto mendengar keluhan warganya".

Sampai berita ini langsir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pasbar, Henny Ferniza  akan mengusulkan sama pimpinan pembangunan penguatan tebing dimaksud.


(Rajo Alam)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto