Warga , Batang Patimah Kampung Kapundung Panen Ikan Bersama Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati , Pasaman Barat.


Kinali,28 Juni 2020
Kawasan Sumbsr.Com , Masyarakat Batang timah (Kapundung) H. MARYANTO.SH.MM, Warga sekitarnya,  (28/6/2020) SIANG, ikut panen ikan bersama di lubuk larangan berada di aliran sungai Sungai Batang timah Nagari Persiapan Benua Balai, Kecamatan Kinali.

Bakal Calon Bupati Pasaman Barat, H. MARYANTO,SH,MM, ikuti Bersama Warga.
Baik anak-anak sampai orang tua, turun bersama di aliran sungai ikut memanen ikan bersama, ada yang bawa alat penangkap ikan mulai dari jala, jaring, dan alat lainnya. Bahka ratusan warga tidak segan membasahi diri, di aliran sungai agar mendapatkan ikan di lubuk Larangan  Batang Timah yang sudah lama tidak boleh diambil sembarangan.


Calon Wakil Bupati Pasaman Barat, Ir. YULISMAN. MM yang hadir mengatakan, tradisi panen ikan bersama tahun ini untuk yang Sekian  kalinya. Panen ikan bersama dilakukan menjadi acara tahunan bagi masyarakat Kapundung setempat. Bagi warga yang ingin ikut panen, dikenai biaya sekedarnya, untuk Melanjutkan Pembangunan Mesjid Raya Kapundung.

Hasil uang dari masyarakat yang dikumpulkan, menurut Mamak, Ir. YULISMAN, MM,  nantinya diperuntukkan Melanjutkan Pembangunan Mesjid Raya, Kapundung   ungkap  Mak Yulisman.

Dan agar ikan tidak diganggu dan diambil sembarangan selama setahun, Mak Yulisman mengaku, dilakukan sistem denda. Bagi masyarakat yang berani mengambil ikan di Lubuk Larangan Batang Timah menggunakan alat ikan apa pun, akan didenda  Walau sudah ada peraturan keras seperti itu, insyaallah masyarakat tidak mengambil ikan Lagi, Pungkas Calon Wakil Bupati, Mamak, Ir.YULISMAN. M M.


Adanya tradisi panen ikan bersama di Lubuk Larangan Batang Timah Mak Yulisman berharap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat membantu dalam promosinya, sebab even tersebut mampu manarik daya tarik masyarakat luar daerah setiap tahunnya dalam memajukan bidang pariwisata di Pasaman Barat.



Pada panen ikan bersama tahun ini, banyak masyarakat dari Simpang Ampek/ Simpang tigo Luhak Nan duo yang datang ke Sungai Batang Timah Mereka menyaksikan masyarakat setempat menangkap ikan, Tutup Ir. YULISMAN.MM.
(RAJO)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto