Ketua DPRD Pasbar bantah stafnya melakukan pencurian thermogun BPBD Pasbar.


PASAMAN BARAT, Kawasan Sumbar.com --Terkait adanya rumor pencurian Thermogun (alat pengukur suhu tubuh) yang tertekam pada CCTV BPBD Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) pada bulan April lalu, Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Parizal Hafni bantah atas dugaan pencurian thermogun tersebut dilakukan oleh stafnya.

Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni kepada wartawan Rabu (15/7) di Simpang Empat  menèrangkan, kejadian itu berawal saat dirinya bersama stafnya yang bernama, Rezki dan ajudannya, Torang Nasution pergi ke Kantor BPBD Pasbar untuk menjemput cairan disinfektan yang akan disemprotkan ke daerah Padang Lawas, Kecamatan Luhak Nan Duo, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Sebelum kami datang ke kantor itu, saya sudah mengkoordinasikan kepada Kepala BPBD Pasbar, Edi Busti melalui via telepone, untuk menjemput cairan disinfektan yang akan disemprotkan ke daerah Padang Lawas," ujarnya, Rabu, 15 Juli 2020.

Parizal menerangkan, kronologi kejadian tersebut bermula saat sejumlah masyarakat mendatangi kantor DPRD untuk menemuinya, dengan harapan agar dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di daerah mereka. Karena semenjak bulan April 2020 lalu, para warga tersebut sudah berkali-kali datang meminta dilakukannya penyemprotan cairan desinfektan massal di daerah tempat tinggal mereka, terutama di daerah Padang  Lawas, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasbar yang sampai saat ini belum ter realisasi.

"Masyarakat tersebut minta cairan disinfektan sebanyak 2 ribu liter untuk dilakukan penyemprotan massal di daerah tempat tinggal mereka, karena pada saat itu, masyarakat sangat diresahkan dengan adanya wabah covid-19," terangnya.

Dikatakannya lagi, karena mendengar keluhan masyarakat yang sudah berkali-kali meminta cairan desinfektan tersebut, dirinya langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Pelaksana BPBD Pasbar, Edi Busti yang juga selaku Koordinator Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasbar.

"Sebagai wakil rakyat, kita akan membantu dan mencarikan jalan keluar untuk masalah yang di alami masyarakat tersebut, dan setelah kita hubungi Kepala BPBD, Edi Busti, di situ ada cairan desinfektan dan kita di suruh datang untuk menjemputnya pada besok harinya," jelasnya.

Hasil dari koordinasi tersebut, pada hari Jum'at, 10 April 2020. Ia bersama dua orang stafnya tersebut pergi ke Kantor BPBD Pasbar dengan mobil dinas, untuk menjemput cairan desinfektan yang akan diberikan kepada masyarakat Padang Lawas itu.

Sembari menunggu cairan disinfektan datang, mereka duduk di samping lokasi piket dan melihat ada thermogun satu buah terletak di atas meja, mungkin bisa dipakai untuk membantu masyarakat Padang Lawas dan masyarakat lainnya.

"Waktu itu kami datang sekira jam 07.30 pagi, setelah sekira satu jam menunggu, pada jam 09.30 baru ada petugas BPBD yang datang dan langsung mengambil cairan desinfektan, sambil menunggu kami melihat ada thermogun yang diletakkan di atas meja piket, mungkin bisa dipakai untuk mengecek suhu tubuh masyarakat di sana," terangnya.

"Karena Keapala Badan Pelaksana BPBD Pasbar, tidak berada di Kantornya, saya mengubunginya melalui via telepone untuk meminjam alat thermogun tersebut untuk dibawa ke padang lawas, beliaupun menjawab "OK" dan langsung kita bawa," imbuhnya.

Kemudian, setelah cairan disinfektan datang dan langsung dimasukkan ke derigen. Selanjutnya, mereka beserta masyarakat Padang Lawas yang datang ketika itu bergerak menuju Padang Lawas.

“Jadi tuduhan mencuri kepada staf saya itu tidak lah benar. Seharusnya video rekaman CCTV yang viral itu dilanjutkan sampai selesai pengisian cairan disinfektan ke derigen, bukan malah dipotong-potong videonya,” tegas Parizal Hafni dengan nada kecewa.

Kemudian, selama seharian di Padang Lawas melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Lalu, besoknya Sabtu alat thermogun itu dipakai kembali di Kecamatan Gunung Tuleh untuk acara penyemprotan disinfektan massal yang langsung dikoordinir oleh dirinya.

(Yuda/Rajo alam)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto