Ketua Komisi II DPRD Pasaman Barat, dari Partai DEMOKRAT, H. NAZWAR,SH Yang di Kenal Sederhana dan Murah Senyum


Kawasan Sumbar.COM - Pasaman Barat, Murah senyum, sebuah kata yang tepat ditujukan kepada sosok H Nazwar. Figur bersahaja dengan tampilan sederhana ini begitu dikenal di kalangan masyarakat ‘Nagari Sungai aur’.

Bagaimana tidak, Pria kelahiran Nagari Sungai aur 49 tahun silam itu, kini tengah memegang jabatan yang tidak main-main, yakni sebagai Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasaman Barat.

Perjalanan panjang nan berliku Dia tempuh untuk mencapai posisi tersebut. Dalam prosesnya, banyak ‘pil pahit’ yang telah Dia telan.

Kendati demikian, dengan profesionalitas dan berbekal kesabaran, Ayahanda dari dus orang putra ini mampu melewati masa-masa kelam itu.

“Seberat-berat badan, namun untung dilupakan jangan”, adagium klasik yang menyimpan makna tentang kesabaran telah menggambarkan apa yang diperbuat oleh H Nazwar selama  sampai dengan sekarang, Dia berhasil menduduki jabatan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasaman Barat


Menjadi seorang Anggota DPRD  di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat, tidak membuat H Nazwar  berbesar kepala. Sikap rendah hati begitu melekat pada Dirinya. Senyuman juga senantiasa terlukis di wajahnya tanpa meninggalkan ketegasan dan profesionalisme yang selalu Dia junjung dalam bekerja.

“Saya tidak begitu banyak berbicara saat SMA waktu itu jurusan FISIKA, untuk biaya sekolah saya cari uang sendiri maklum orang tua , fokos belajar dan belajar  cenderung belajar,” tutur H. Nazwar mengenang.

Setelah lulus SMA, H. Nazwar melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi, Dia mendaftarkan diri di Universitas , mengambil Fakultas HUKUM.

“Saya masih menunggu kiriman orang tua untuk ongkos saat kuliah,” ungkap H. Nazwar yang diketahui acap kali memperoleh beasiswa prestasi saat sekolah dan kuliah.

Waktu berjalan, H. Nazwar muda menamatkan kuliahnya. Tak berselang lama, sekitar satu tahun, H.Nazwar  pun mencoba di Partai Politik,  peruntungannya dengan mengikuti pencalonan Anggota DPRD. Berkat keuletan dan doa restu dari orang tua dan Masyarakat, H. Nazwar dinyatakan lulus dan ditugaskan menjadi Anggota DPRD, Kabupaten Pasaman Barat.

Pada tahun ini, H. Nazwar diberikan kepercayaan untuk menduduki posisi Ketua Komisi II DPRD Pasaman Barat

Serangkaian catatan sejarah, mulai sejak kecil dan tamat SMP hingga meninggalkan kampung halaman, membuat H. Nazwar tidak pernah lupa akan jati dirinya. Meski sudah menduduki posisi Kedua Komisi II DPRD H.Nazwr terdengar kerap menyebut Dirinya “Anak Nagari”.

Terdapat sederet pencapaian Kabupaten Pasaman Barat yang ditorehkan semasa H Nazwar menjabat sebagai Ketua Komisi II. Di bawah koordinasinya, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat mampu menyuguhkan beragam keberhasilan yang belum pernah didapat.

“Namun, ini bukan kerja Saya sendiri. Ini semua berkat kerja keras dan kerja sama teman-teman di DPRD (Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, red) dan dukungan penuh pak bupati,” ujar lulusan HUKUM

Selaku Ketua Komisi II, H Nazwar senantiasa menekankan prinsip good and clean governance dan kehati-hatian kepada jajarannya. Tentunya hal tersebut dilakukan dalam upaya menjaga kredibilitas DPRD Kabupaten Pasaman Barat dan sebagai perwujudan cita-cita pemberantasan korupsi.

Tak ingin cepat berpuas diri, saat ini Dia bersama jajarannya pun terus berusaha untuk berinovasi guna meraih prestasi demi prestasi. Dinamika zaman, mengharuskan pemanfaatan teknologi hampir di semua lini DPRD. Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dituntut untuk dapat mempermudah pemberian layanan, yang tentu semua itu bisa dilakukan melalui penggunaan teknologi dalam penyelenggaraan daerah.

“Penyelenggaraan daerah, roda pemerintahan akan stagnan jika tidak mulai memanfaatkan teknologi informasi di era digital ini. Akses pelayanan juga akan sulit. Maka itu, kita mencoba untuk beranjak memulai penggunaan teknologi, khususnya dalam aktivitas pelayanan publik. Yang jelas orientasinya masyarakat,” tutur H Nazwar.

#Rajo Alam
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto