Warga PASAMAN dan PASBAR kini dipermudah dengan hadirnya Kantor Imigrasi.


PASAMAN- Kawasan Sumbar.Com
Hari ini (07/07), Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Suharman. Bc.Ip.SH.MH,  Sumatera Barat, telah meresmikan secara langsung, Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi kelas ll Non TPI Agam di kota Lubuk Sikaping, Kabupaten PASAMAN.

Dalam kesempatan ini, Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Suharman mengaku, jumlah kantor imigrasi yang ada di Indonesia masih belum sebanding dengan jumlah Kabupaten dan Kota.

"Dari 509 kabupaten/kota di Indonesia, baru ada 125 Kantor Imigrasi yang melayani dokumen Paspor untuk perlintasan antar negara, termasuk pengawasan terhadap orang asing. Idealnya separuh dari jumlah kabupaten/kota di Indonesia, ya sekitar 250 Kantor Imigrasi," papar Suharman.


Di sisi lain, Suharman juga menyampaikan, bahwa salah satu tugas kantor imigrasi adalah mengawasi keberadaan orang asing di wilayahnya.


"Tentunya dalam hal ini juga butuh peran serta dari Pemerintah Daerah karena Pemda juga mengawasi lembaga sosial masyarakat asing yang datang. Dan bisa juga ada orang asing yang melakukan penjualan barang-barang tanpa izin, akan ditangani oleh Satpol PP di bawah pimpinan bapak Bupati," tutupnya.


Bupati PASAMAN,  H. Yusuf Lubis mengatakan, dengan diresmikannya kantor UKK Imigrasi di Kabupaten Pasaman, akan membawa kebahagiaan bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Pasaman dan sekitarnya.


"Adanya kantor imigrasi di Kabupaten Pasaman, tentunya akan mempermudah layanan kepada masyarakat, terkait dulunya yang terkendala dengan jarak (kantor imigrasi terdekat hanya ada di Kabupaten Agam) ," ujar H.Yusuf Lubis dalam sambutannya pada acara peresmian Kantor UKK di Kabupaten PASAMAN.


Kantor Imigrasi ini , H. Yusuf Lubis sebenarnya telah digagas sejak lama ,  Namun baru tanggal
07 Juli 2020 dilakukan penandatangan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten PASAMAN dengan Dirjen Imigrasi dan dihadiri oleh perwakilan kabupaten tetangga seperti Pasaman Barat, pada saat peresmian tersebut, Bupati Pasaman Barat diwakili KABAG PROTOKOL dan KOMUNIKASI PIMPINAN SETDA, YOSMAR DIFIA, SE. MM

"Mudah-mudahan nanti pelayanan di Kantor Imigrasi kita ini bisa semakin meningkatkan layanan masyarakat di sekitar sini, terutama dalam layanan keimigrasian. Dengan adanya kantor ini, kami berharap minimal dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, dan dunia usaha, serta dunia pariwisata di Kabupaten Pasaman," harapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenkumham Sumatra Barat, SUHARMAN mengatakan, di antara unit pelayanan paspor yang ada di Provinsi Sumatra Barat, Kabupaten Pasaman adalah yang paling proporsional.


"Unit kerja Kantor Imigrasi Kabupaten Pasaman ini selain difasilitasi sarana dan prasarana yang sangat baik ," pungkas Suharman.

(Rajo Alam)
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto