YANTRI YANOFRIZA, Calon BAMUS NAGARI SINURUIK ,No Urut 7 akan Wakili Suara Perempuan dan Bundo Kandung.


Pasbar Kawasan Sumbar.Com – Pemerintah Nagari Sinuruik Kecamatan TALAMAU, Sebentar lagi akan melaksanakan pemilihan anggota Bamus Nagari masa Bhakti 2029 – 2026. Putra – Putri terbaik Nagari Sinuruik mulai bermunculan dengan mengusung visi dan misi yang tak lain untuk memajukan Nagari Sinuruik

Salah satu Putri terbaik Nagari Sinuruik  YANTRI  YANOFRIZA yang merupakan calon anggota BAMUS NAGARI dari perwakilan perempuan dari Jorong Paraman Nagari Sinuruik berjanji akan memperjuangkan hak – hak kaum perempun, jika dirinya dipercaya masyarakat untuk duduk di BAMUS  NAGARI SINURUIK


“Jika saya terpilih menjadi salah satu anggota Bamus Nagari Sinuruik ini, saya bersama pemerintah Nagari harus mempunyai visi dan misi yang sama agar tercipta Integritas dalam pemerintahan Nagari Sinuruik. Para Kaum ibu-ibu dan remaja putri sebagai generasi muda bisa menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Hal itu dapat terlaksana dengan baik apabila, Bamus Nagari perempuannya bisa saling bersinergi dengan pemerintahan desa dalam membangun Nagari secara bersama,“ kata Ibu dari empat orang anak ini saat dikonfirmasi wartawan media ini Kamis (09/07/2020).

Lebih lanjut Istri dari Jorong Poroman, salah satu tokoh pemuda Nagari Sinuruik , sebagai calon Bamus Nagari perwakilan perempuan sudah seharusnya kaum perempuan itu berkolaborasi dengan pemerintah, berfikir dinamis dan punya inisiatif untuk kemajuan Nagari dan keluarga.

”Sejatinya kaum perempuan itu harus bisa berfikir maju kedepan, serta punya Inisiatif. Bagaimana cara agar bisa memajukan Nagarinya melalui wadah Badan Permusyawaratan Nagari (red-BAMUS) di NAGARI nya. Serta harus bersinergi dengan membawa suara dari kaum ibu-ibu untuk berkolaborasi dengan pemerintah agar bisa ikut memajukan Nagari. Dan kaum ibu-ibu di Jorong  juga bisa berupaya meningkat pendapatan keluarga melalui usaha home industri dengan adanya usaha kelompok perempuan,“ katanya.

Karena itu,  Yantri , optimis akan mampu mengungguli Delapan (8)orang rivalnya dalam pemilihan Bamus yang akan digelar 15 Juli 2020,  Karena itu, sebagai perwakilan perempuan dari Jorong Poroman dia meminta dukungan dan support dari kaum perempuan di Jorong Poroman agar dirinya bisa berhasil duduk jadi anggota Bamus Nagari.

Sementara itu wali Nagari SINURUIK Frianton saat dibincangi wartawan media ini Kamis,(09/07/20) mengatakan, Pemerintah bersama warga Nagari Sinuruik telah membentuk Panitia pemilihan anggota BAMUS sesuai mekanisme dan aturan yang tertuang dalam Perda dan Peraturan Bupati  Tentang Pemilihan Anggota BAMUS , Serentak dan Pemilihan Langsung,  Termasuk masalah keterwakilan perempuan.

“Pemilihan anggota Bamus Nagari Sinuruik ini akan berlangsung pada kamis,  15 Juni 2020 mendatang yang akan diikuti oleh 54 orang kandidat calon Bamus   Alhamdulillah, suasana Nagari  cukup kondusif, aman dan bebas serta dilakukan secara Transparansi dengan penuh keterbukaan bersama dari para kandidat dan antusias pemilih pun cukup baik,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Bamus Nagari Sinuruik , menjelaskan suasana menjelang pemilhan Bamus diNagari  Sinuruik, berjalan sesuai aturan yang ada dan cukup aman.

“Suasana jelang pemilihan Bamus pada saat ini cukup baik dan lancar,Dari 8 orang kandidat yang ada. Mereka (red-kandidat) menjalani tahapan dengan cukup tertib, sesuai dengan aturan yang ada di dalam Perda dan kesepakatan bersama antara Para kandidat. Sejauh ini berjalan dengan baik. Namun saya juga minta partisipasi dari calon Bamus agar bisa memotivasi warga untuk menggunakan hak pilihnya,hingga angka partisipasi pemilih pun bisa meningkat, “ jelasnya.

Frianton pun berharap agar Bamus yang terpilih nantinya bisa bekerjasama dengan pemerintah Nagari Hingga Program pembangunan di Nagari bisa berkesimbungan dan berjalan dengan baik.

“Saya berharap nantinya kandidat yang terpilih menjadi anggota Bamus di Nagari Sinuruik ini, Bisa bekerjasama dengan Pemerintahan Nagari yang ada. Hingga program untuk pembangunan Nagari kedepan bisa berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada kontradiksi yang berada di tubuh Bamus atau Pemerintahan Nagari“ harapnya.

(Rajo Alam)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto