Berkaul adat, tradisi turun temurun masyarakat sumpur kudus,

Sijunjung KS,Dalam rangka mensyukuri nikmat Allah SWT, karena masyarakat Sumpur Kudus telah selesai melaksanakan panen raya padi sawah pada Musim Tanam Tahun 2020 maka seperti tahun-tahun sebelumnya, berdasarkan tradisi turun temurun yang sudah ratusan tahun, maka dilaksanakan acara " Berkaul Adat " 

Acara berkaul adat ini dihadiri oleh Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Generasi Muda, Wali Nagari Sumpur Kudus, Wali Nagari Sumpur Kudus Selatan serta seluruh lapisan masyarakat.

Tempat berkaul adat ini dilaksanakan di Tanah Bato. Tempat dimana terdapat makam seorang ulama yang berasal dari Kudus Jawa, Tengah yaitu SYECH IBRAHIM, ulama yang berjasa membawa ajaran Islam ke Sumpur Kudus pada waktu yang lalu. 

Selain tempat bekumpul secara adat, maka di acara ini juga menjadi tempat bagi Pemerintah Nagari/Desa untuk menyampaikan informasi pembangunan dan sosial budaya kepada masyarakat.

Kegiatan  Acara berkaul adat ini minimal diadakan satu kali setahun. Menurut tetua adat Sumpur Kudus, manfaat lain dari acara ini selain mensyukuri nikmat Allah SWT adalah tempat berkumpul mempererat hubungan silaturahmi sesama warga. Acara berkaul adat ini diadakan pada Hari Sabtu, tanggal 10 Oktober 2020 

#Adtara

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto