Tingginya Curah Hujan Mengakibatkan Longsor dan Banjir Di beberapa titik Di Pasaman Barat


Pasaman Barat, Kawasan Sumbar.COM--Puluhan rumah terendam banjir karnaTingginya curah hujan dari siang hingga malam hari yang mengguyur daerah Talu, Mengakibatkan Banjir dan lonsor di beberapa titik di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, 

Tepatnya di Kampung Gadang, Aia Napa, dan Kampuang Baru, Jorong Harapan dengan ketinggian setengah meter, Hal itu dikarenakan meluapnya aliran sungai Batang Tinggam dan merendam beberapa rumah warga sekitar

Selain menyebabkan banjir, hujan juga mengakibat longsor di Jalan Lintas Talu-Panti, tepatnya di Kampung Tinggam, Kecamatan Talamau. Senin 05/10/2020.

Maifal Selaku jorong Harapan saat dikonfirmasi wartawan Senin (5/10) malam mengatakan, daerah tersebut memang daerah rawan banjir. kalau hujan deras mengguyur daerah itu sampai tiga jam saja, maka biasanya akan terjadi banjir. 

"Daerah ini memang sering terjadi banjir, beruntung masyarakat cepat mengungsi sehingga tidak mengakibatkan korban jiwa dan alhamdulillah tidak sampai merusak lahan pertanian masyarakat,"ujarnya.

"Sejak magrib tadi sebagian masyarakat yang mengungsi telah kembali kerumahnya untuk dibersihkan dan sebagian lagi masih ada yang menunggu air surut" Tambahnya.

"Sebagian masyarakat yang tadinya mengungsi kerumah keluarga terdekat sudah mulai mebersihkan rumahnya. Namun masih ada juga yang masih menunggu air surut,"Ucap Maifal.

Dalam waktu bersamaan, juga terjadi longsor di Jalan Lintas Talu-Panti, persisnya di daerah Tinggam. akibat longsor tersebut, material longsor seluas sepuluh meter sempat menutup bahu jalan. 

"Beruntung tidak ada korban jiwa akibat banjir dan longsor ini, namun tentunya masyarakat harus tetap waspada dan berhati hati mengingat cuaca ekstrim saat ini," Tuturnya

Namun hal itu tidak berselang lama karena karena langsung dibersihkan alat berat yang kebetulan bekerja tidak jauh dari lokasi, sehingga lalu lintas dapat kembali lancar sekitar pukul 19.00 WIB.

#Yuda

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto