Dandim 0307/ Tanah Datar: Hadapi Fenomena Alam Berpotensi Bencana Alam di Akhir Tahun

 


Tanah Datar,-KS,—  Komandan Kodim 0307/Tanah Datar Letkol Inf Wisyudha Utama diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Inf Munawar, mengikuti Acara Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Wilayah Kab.Tanah Datar yang dilaksanakan di depan Gedung Promosi Jalan MT Haryono Batusangkar
Selasa(10/11/2020).

Adapun dalam pelaksanaan apel tersebut langsung dipimpin oleh Penjabat Bupati Tanah Datar Erman Rahman.

Dalam amanatnya Pjs Bupati Tanah Datar menyampaikan bahwa Apel tersebut dilaksanakan atas instruksi Pemerintah dan Mabes Polri dalam menyikapi dinamika situasi saat ini serta adanya ancaman dari fenomena bencana alam yang berpotensi menimbulkan bencana alam di Wilayah Kabupaten Tanah Datar.

“Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa prediksi fenomena bencana alam akan berdampak pada 27,5 persen Wilayah Indonesia. Termasuk beberapa Wilayah di Sumatera.

Lebih lanjut Erman Rahman menjelaskan jika fenomena iklim untuk Sumatera Barat memiliki pengaruh yang harus diwaspadai, mengingat fenomena tersebut berlangsung seiring dimulainya musim penghujan pada bulan Oktober 2020 hingga bulan Maret 2021 nanti, yang akan memicu peningkatan curah hujan 20 hingga 40% lebih tinggi dari biasanya sehingga dapat berakibat terjadinya banjir dan longsor.

“Dapat juga kami sampaikan bahwa dampak dari fenomena bencana alam ini khususnya untuk Sumbar terutama Tanah Datar tidak serta merta negatif, juga memiliki dampak positif karena dapat meminimalisir terjadinya kebakaran, Tanah Longsor dan Banjir.

Terakhir orang nomor satu di Tanah Datar itu meminta kepada seluruh instansi terkait bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pananggulangan dan langkah antisipasi bencana alam ini.

"Upaya penanggulangan dan antisipasi bencana alam ini, tidak dapat dilakukan secara parsial masing- masing pihak, namun perlu adanya kerjasama yang baik antara seluruh stakeholder. Oleh karenanya, kepada seluruh pemangku kepentingan kami instruksikan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun baik selama ini,” ungkap Ermsn Rahman.

“Dan kepada seluruh petugas baik itu dari TNI, POLRI, Petugas Penanggulangan Bencana Daerah, Petugas Pemadam Kebakaran, Basarnas, Satpol-PP, agar tetap siaga dan memastikan peralatan sudah siap siaga setiap saat,” tuturnya.
#dst

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto