Novitra Kemala: Eka Richi Fokuskan 3 Program Unggulan Untuk Majukan Pertanian Tanah Datar

 


Tanah Datar- KS— Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Eka Putra-Richi Aprian memfokuskan 3 program unggulan di bidang pertanian.

3 program unggulan itu yakni, mekanisasi pertanian untuk menekan biaya produksi, meningkatkan kuota asuransi tani dan pupuk bersubsidi, serta memaksimalkan fungsi irigasi di setiap nagari.

Novitra Kemala, Sekretaris Tim Pemenangan Eka Richi mengatakan, 3 program itu, tak lain untuk kesejahteraan petani di Tanah Datar.

Ia menyebutkan, Eka Richi berkomitmen untuk membantu mengelola tanah dan mengambil hasil panen petani melalui unit khusus dinas pertanian untuk menekan biaya produksi.

Selain itu, kata Novitra, Eka Richi juga akan membantu petani dengan menggratiskan peralatan pertanian.

"Seperti bajak, traktor dan mesin potong rumput. Nanti itu gratis, dibentuklah UPT di masing-masing kecamatan dan nagari sehingga biayanya tak lagi dibebankan kepada petani. Dananya bisa dari APBD dan APBN," kata Novitra, Kamis (05/11/2020).

Sementara untuk menjamin ketersediaan pupuk bagi petani, Eka Richi berkomitmen mengusulkan penambahan kuota pupuk tersebut.

"Produk pupuk organik daerah juga akan kita ajak berkolaborasi nantinya.

Imbuh dia, yang tak kalah penting adalah memaksimalkan fungsi irigasi.

"Karena air ini merupakan urat nadi pertanian. Kalau perlu kita bikin pompanisasi, karena daerah kita bukan daerah hujan. Kalau ketersediaan air tak terjamin, gimana masyarakat mau bercocok tanam," pungkas Novitra.

#dst

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto