Hari Pertama Tatap Muka, Seluruh Sekolah di Tanah Datar Wajib Terapkan Protkes Terhadap Siswa Dan Guru

Tanah Datar,-KS,—  Hari pertama Pembelajaran Tatap Muka di Tanah Datar telah dimulai senin pagi ini (11/1). Penerapan protokol kesehatan diberlakukan tanpa terkecuali jelang siswa memasuki lingkungan sekolah.

Sebelum masuk kesekolah, satu persatu siswa dilakukan pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan ditempat telah disediakan. Tak kalah penting, setiap siswa juga wajib menggunakan masker dan hal ini juga berlaku bagi tenaga pendidik tanpa terkecuali.

Didalam lokal tempat belajar, tempat duduk siswa juga diatur sesuai dengan protokol kesehatan seperti yang tertuang dalam surat keputusan bersama 4 menteri. Dimana terdapat jarak antara siswa satu dengan yang lain minimal 1,5 meter.

Seperti di SMA 1 Batusangkar, satu lokal diisi oleh separuh dari total siswa dalam satu local. Sebagian lokal ada yang diisi oleh 18 orang siswa dan sebagian lokal lainnya diisi 20 orang siswa dari total 40 orang siswa.

Wakil bidang kesiswaan Indrawati saat ditemui mengatakan jika penerapan protocol kesehatan dilakukan bagi siswa dan tenaga pendidik. Mulai pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan mengingatkan siswa untuk selalu memakai masker saat berada dilingkungan sekolah.

Sekolah juga menyediakan masker bagi siswa yang tidak menggunakan masker saat datang ke sekolah.

"hari senin kita SMA 1 Batusangkar memulai PTM hari pertama. Yang kita lakukan, digerbang masuk kita cek suhu tubuh anak, dimana ada beberapa thermogun kita sediakan agar anak tidak menumpuk. Dari hasil pengecekan suhu tubuh itu, jika ditemui siswa yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat celcius, maka pihak sekolah akan menyuruh siswa tersebut pulang.
Dihari pertama ini, tidak ditemukan siswa yang memiliki suhu tubuh diatas normal,” sebutnya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19, pihak sekolah juga akan membagikan faceshield bagi setiap siswa. Faceshield tersebut dibagikan saat siswa telah berada di masing masing kelas.

“ kita juga membagikan faceshiel kepada seluruh siswa dan guru.” tutupnya.

Sedangkan, sistem belajar tatap muka diatur dengan sistem bergeser atau shif, dimana setiap siswa akan belajar tatap muka 1 minggu di sekolah dan 1 minggu dari rumah.


“separuh itu minggu ganjil dan separuh di minggu genap,” tambahnya.


Di Tanah Datar baru 9 sekolah yang melakukan pebelajaran tatap muka pada 11 januari 2021 ini. Hal ini dikarenakan setiap tenaga pendidik disatuan pendidikan wajib mengantongi hasil tes PCR sebelum pembelajaran tatap muka dimulai.


9 sekolah yang telah memulai tatap muka disatuan pendidikan tingkat SMA sederajat diantaranya, SMKN 1 Batipuh, MAN 4 Tanah Datar, SMK sumanik, SMAN 1 Batusangkar, SMAN 1 X Koto, SMK 1 Lintau Buo, MAN I Tanah Datar, SMA 1 Pariangan, dan SMK N 1 Tanah Datar.
#DST

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto