Mantan Kadis Kesehatan Haryunidra SKM,Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Cara Olah Raga Bersepada


Pasaman Barat, Kawasan Sumbar. Com – Sejumlah penelitian/Mantan Dinas Kesehatan (Sekarang Kabid Pengawasan Lingkungan hidup Kabupaten Pasaman Barat  menyatakan, olahraga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya ialah mencegah penurunan memori otak.

Selain itu, olahraga juga baik melindungi sistem imun tubuh termasuk untuk orang yang usianya sudah tua.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Mantan Kepala Dinas Kesehatan, Haryunidra  mengamati orang tua dengan usia 55-79 tahun yang rajin bersepeda. Hasil studi penelitian membuktikan jika mereka yang rajin bersepeda dengan usia tersebut ternyata dapat membantu kekebalan melawan infeksi.

Peneltian itu kemudian membandingkan dengan rentan usia yang sama tapi tidak rutin olahraga dan membandingkan dengan usia muda dengan usia 20-36 tahun yang rajin mengayuh sepeda. Hasilnya aktivitas sel T tidak lebih tinggi pada mereka yang tidak aktif olahraga, dan justru mereka yang berusia senja menghasilkan tingkat aktivitas sel-T yang sama dengan orang dewasa muda berusia 20-an tahun.

"Sistem kekebalan tubuh menurun sekitar2-3 persen per tahun dari usia 20-an, itulah sebabnya orang tua lebih rentan terhadap infeksi, kondisi seperti rheumatoid arthritis dan, berpotensi kanker," ujar Haryunidra Kabid Pengawasan Lingkungan hidup Pasaman Barat , Senin (17/01/2021).

Dari hasil penelitian tersebut, menunjukkan, bersepeda membuat orang dewasa berusia senja dapat menambah perlindungan kekebalan tubuh. Meski telah mengalami penurunan, dengan tetap aktif berolahraga membuat sistem kekebalan tubuhnya sama dengan usia dewasa muda.

Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat pengaruh dari aktif berolahraga. Hanya saja, peneliti menulis dalam laporan, penuaan adalah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor seperti genetika, lingkungan dan gaya hidup;;Pungkas Haryunidra

#Rajo Alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto