Pesta Demokrasi Pemilihan Wali Nagari, Pemda Tanah Datar Menunggu Kesiapan APB Nagari

 

Tanah Datar,- KS,—  Rencana perhelatan pemilihan wali nagari serentak  21 Nagari dari 75 Nagari di tanah datar yang terhenti oleh kasus covid 19 telah dijadwal kembali tgl 7 april 2021 menjelang puasa akan datang.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana ( PMD-KB ) tanah datar Drs. Novenril ketika di temuai di ruang kerja (5 /01/21), mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar akan menjadwalkan pelaksanaan pilwanag tersebut menjelang bulan puasa mendatang pada tanggal 7 April 2021.


“Kami telah menjadwalkan pelaksanaan pilwanag menjelang puasa besok tanggal 7 April 2021” ungkap kadis.

Salah satu agenda dalam pemilihan serentak yang direncanakan tersebut, akan diadakan tahapan seleksi untuk nagari yang lebih dari lima orang calonnya.


Dalam penyeleksian itu, akan diseleksi oleh tim independen yang ditunjuk langsung oleh Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (PMDKB) Tanah Datar.


Kepala Dinas PMDKB Tanah Datar Nofendril mengatakan, keterlambatan pemilihan wali nagari di Tanah Datar. Itu dikarenakan masih banyaknya nagari, yang belum menyelesaikan Anggaran Perencanaan Belanja Daerah (APBD) Tanah Datar.

“Untuk persiapan dana pilwanag ini, nagari bisa menganggarkan dari APB nagari, dengan dana yang disignifikan,” lanjutnya.

Pihaknya akan mendesak para nagari untuk menyelesaikan APB, agar proses Pilwanag terlaksana secepatnya.

Terkait kesiapan perangkat beserta Undang-undang (perbub)kami sudah berkoordinasi antara pemerintahan daerah dan DPRD Tanah Datar, agar Pilwanag ini bisa dilaksanakan. (DST) .

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto