Lestarikan Alam, Kata Ali Nasir. SH Begini Cara Komunitas Manjalo Pulihkan Ekosistem Sungai


Pasaman Barat- Kawasan Sumbar. Com

Lubuk larangan masih menjadi budaya kearifan lo­kal yang tetap terjaga di ma­syarakat Lubuak Anai , Jorong Lagam Saiyo, Nagari KINALI,Kecamatan KINALI  Kabupaten Pasaman Barat hingga saat ini. 

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata di balik tra­disi membuka lubuk la­rang­an tersingkap sebuah upaya untuk melesta­ri­k­an lingkungan hidup yang berkesinambungan, Wakil ketua komisi I DPRD kabupaten Pasaman Barat Ali Nasir. SH, (Aciak) dan Kawan2, Minggu (14/03/2021).


Kegiatan ini dihadiri Wakil ketua komisi I DPRD Pasaman Barat ,Pemuda dan Tokoh  masyarakat sekitar daerah Kecamatan Kinali


Lubuk larangan Lubuak anai  adalah Dae­rah Aliran Sungai (DAS) yang dimanfaatkan masyara­kat sekitar untuk pengelolaan tangkapan ikan. Lubuk la­rangan Lubuak anai merupakan salah satu kearifan lokal yang dikelola secara bersama dan mempu­nyai badan hukum dan aturan yang disepakati secara bersa­ma oleh pihak pemerintah Nagari.

Warga mengartikan lubuk larangan Lubuak anai  adalah larangan me­nangkap ikan di dalam su­ngai, sebelum waktu yang di­tentukan. Jadi ikan lubuk la­rang­an satu sam­pai dua tahun tidak boleh diam­bil

Banyak manfaat yang di­da­pat masyarakat dari lubuk larangan Lubuak anai tersebut

Ali Nasir.SH menjelaskan ikan hasil tangkapan akan dibakar dan dimakan bersama dengan masyarakat guna untuk wujud menyatunya masyarakat.

penangkapan ikan saat pem­bukaan lubuk larangan Lubuak anai dapat dipergunakan untuk ke­perluan sosial seperti perbaikan masjid atau mushallah yang ada di Nagari Kinali.


Wakil ketua komisi I DPRD kabupaten Pasaman Barat, Ali Nasir. SH mengatakan dari kegiatan ini ju­ga akan tercipta keakraban di antara para warga, sehingga tercipta keharmonisan ber­ma­syarakat di antara mereka.

Sedang dari segi pelestari­an ling­kungan hidup, eksis­ten­si sungai bersama habitat­nya terjaga dengan baik, di mana tumbuhan dan makh­luk hidup seperti ikan dan udang dapat hidup dan ber­kem­bang biak, sehingga saat musim panen seluruh masya­rakat dapat menikmatinya.

#Rajo Alam
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto