Lokasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Di Batang Haluan Simpang Ampek Ditinjau Bupati dan Wabup

Pasaman Barat — Kawasan Sumbar.Com Lokasi pembangunan jalan dan jembatan di sekitar Batang Haluan dekat Polsek Pasaman Kecamatan Pasaman, Nagari Lingkuang Aua, Selasa, (15/6/2021) sore ditinjau oleh Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto. Di kawasan tersebut direncanakan juga akan dibangun jalan lingkar untuk terminal dan pasar pada Tahun 2022.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto didampingi oleh Plt Kapala Dinas PUPR Raf'an, Kepala Bappeda Joni Hendri dan tokoh masyarakat untuk merencanakan langkah pembangunan tersebut ke depan.
Rencana Pembangunan jalan dan jembatan sangat didukung penuh oleh tokoh masyarakat setempat. Tokoh masyarakat Daulaik Parit Batu Jailani, menyampaikan kesediaannya dan masyarakat untuk menghibahkan tanah pada pembangunan itu.

“Kami bersedia menghibahkan tanah untuk pembangunan infrastruktur di sekitar Batang Haluan Kecamatan Pasaman, Nagari Lingkuang Aua ini. Baik untuk pembangunan terminal, pasar hingga perbaikan jalan. Kami sebagai tokoh masyarakat siap mendukung pembangunan ini. Karena tanpa dukungan dari masyarakat maka pembangunan tidak akan berjalan dengan baik,” kata Jailani.

Ia menambahkan, dengan adanya dukungan dari masyarakat diharapkan pembangunan cepat dilakukan oleh pemerintah, sehingga pembangunan di wilayah tersebut bisa berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Daerah Pasaman barat sangat merespon positif apa yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat tersebut. Bupati Pasbar Hamsuardi menegaskan jika pembangunan tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan berjalan dengan baik, terutama dalam pembebasan lahan.

“Pemerintah tidak akan bisa membangun, baik itu jalan, jembatan, sekolah dan fasilitas dan infrastruktur lainnya jika tanahnya masih bermasalah. Jika kita mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat untuk membangun, tentu ini menjadi poin penting bagi Kita agar bisa disampaikan kepada pemerintah provinsi dan pusat,”kata Hamsuardi.

Ia menyebutkan pembangunan akan dilakukan secara berkala. Walaupun pemerintah sudah meninjau lokasi, perencanaan demi perencanaan akan di susun terlebih dahulu sehingga jelas berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membuat jalan, jembatan, pasar hingga terminal tersebut.

Selain itu, Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan tahun ini akan dibangun jembatan, jalan lingkar untuk terminal dan pembangunan pasar pada 2022 di Batang Haluan sekitar Polsek Pasaman tersebut. 
"Tanah telah dihibahkan Daulaik Parik Batu kepada pemerintah. Ini salah satu bukti bahwa tokoh adat dan masyarakat sekitar mendukung perkembangan dan pembangunan infastruktur. Namun tentunya hibah tersebut harus didukung dengan kelengkapan administrasinya," ujar Risnawanto.

#Rajo Alam

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Pasbar Raf’an menyampaikan untuk rencana dan langkah pembangunan selanjutnya akan disampaikan kepada pemerintah  provinsi dan pusat. Ia berharap anggaran pembangunan nantinya bisa upayakan dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Jika tidak bisa akan dimemasukkan pada perencanaan APBD tahun 2022.

"Kemungkinan besar kita akan menggunakan DAK.  Dan akan Kita coba juga memasukkan pada perencanaan di APBD 2022," ucap Raf’an.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto