Melalui Pelatihan Kewirausahaan,Wabup H. Risnawanto Berikan Dukungan terhadap pelaku UMKM Pasbar

Pasaman Barat - Kawasan Sumbar. Com Kewirausahaan dipandang penting karena mampu menyerap ketenagakerjaan dan mendorong jumlah pelaku usaha yang memiliki kreativitas dan inovasi yang berdaya saing, sehingga setiap pertumbuhan wirausaha diharapkan berpotensi dengan adanya penyerapan tenaga kerja baru.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto dalam kegiatan pembukaan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM angkatan II yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Koperasi dan UMKM. Pelatihan diikuti oleh 25 orang dari seluruh kecamatan di Pasbar, yang berlangsung mulai 27 - 30 Juni 2021.
"UMKM di Indonesia merupakan salah satu sektor pergerakan utama perekonomian nasional, sehingga potensi usaha mikro, kecil, dan menengah perlu didorong untuk memberikan motivasi sebagai pendorong perekonomian dengan menciptakan wirausaha yang kreatif dan inovatif," ungkap Risnawanto, Senin (28/6/2021) di Hotel Guchi Pasbar.

Ia menyebutkan, pelatihan kewirausahaan ini dapat dimanfaatkan bagi pelaku UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah yang ada di Pasbar. Untuk itu, Wabup Risnawanto meminta agar para pelaku UMKM untuk serius mengikuti pelatihan dan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan, sehingga ilmu yang didapatkan bisa di implementasikan di tempat masing masing.
"Pelatihan ini dilakukan untuk merubah pola pikir masyarakat, bahwa menghasilkan uang tidak hanya dan harus bekerja di suatu instansi, namun bisa dihasilkan dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Hilangkan rasa gengsi dalam berwirausaha sehingga kedepannya bisa memilki inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan usaha. Dan apabila usaha yang diciptakan berkembang dengan pesat, hal ini bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan sehingga dapat mengurangi pengangguran" ujar Risnawanto 

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM  Sukarni, menyampaikan bahwa pelatihan kewirausahaan dilakukan untuk meningkatkan Produktivitas serta skill pelaku UMKM di Pasaman Barat. Karena Pasaman Barat memiliki banyak potensi usaha di berbagai bidang yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga nantinya tidak perpengruh terhadap pengangguran di Pasaman Barat.

"Berbagai bidang usaha dapat dikembangkan di Pasaman Barat ini, salah satunya di bidang kuliner, yang mana bahan produksinya sangat melimpah di Pasbar, seperti jagung/pisang/kacang kacangan dan hasil laut serta bahan lainnya"ujar Sukarni.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto