Sebelum Drama CoD Sampai di Padang Panjang



Padang panjang , Kawasansumbar.com BELANJA online memang sedang menjadi tren baru yang tengah berkembang di masyarakat kita Indonesia, termasuk Kota Padang Panjang. 


Berbelanja online dapat dilakukan di berbagai marketplace digital yang tersedia begitu apik di dunia maya. Berbagai kebutuhan tertata rapi, mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan apa saja, semuanya ada.


Seiring berkembangnya praktik belanja online di kehidupan kita sehari-hari, dan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat, marketplace pun menghadirkan sistem pembayaran yang disebut CoD (Cash on Delivery). CoD adalah sistem pembayaran yang dilakukan ketika barang yang dipesan sudah sampai ke tangan konsumen. Sistem pembayaran ini menawarkan kemudahan dan keuntungan bagi berbagai pihak, namun juga kaya risiko.


Akhir-akhir ini marak terjadi kasus kriminalisasi akibat sistem ini. Di sekitar wilayah terdekat contohnya, di Kota Padang, Sumatera Barat, sikap yang tidak terpuji sempat diabadikan seorang kurir salah satu jasa pengiriman barang yang sekaligus menjadi korban kekerasan verbal oleh konsumen yang tidak terima barang yang dipesan tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya. Akibatnya, video dengan durasi 4 menit 16 detik itu, viral di media sosial. Kasus serupa juga terjadi di banyak wilayah di Indonesia.


Nah, melihat fenomena ini masyarakat Kota Padang Panjang diminta agar lebih cerdas menggunakan sistem pembayaran ini. Agar contoh kasus tersebut hendaknya jangan sampai terjadi di Kota Padang Panjang. 


Kebijaksanaan masyarakat dalam berbelanja pun juga sangat dibutuhkan. Masyarakat juga hendaknya memahami bagaimana sistem ini bekerja. Walaupun pada hakikatnya, kejahatan berupa penipuan dapat saja terjadi di manapun dan kapanpun. Kasus ini tidak pandang bulu, dapat saja menimpa berbagai kalangan. Tetapi tetap, yang bermain bukanlah sistemnya, melainkan pelaku-pelaku yang ada di belakangnya.


Jika kasus tersebut menimpa masyarakat Kota Padang Panjang, pertimbangkanlah untuk tidak menghakimi pihak terdekat. Pelajarilah panduan komunitas yang telah disusun dan dipampang pihak platform marketplace. Di situ akan dapat titik terangnya.


Walaupun berbelanja di platform marketplace digital dinilai sangat memudahkan, dan juga menyajikan segala macam bentuk kebutuhan dan ditambah lagi dengan adanya fitur CoD yang dapat memudahkan konsumen yang kesulitan menggunakan pembayaran digital, akan tetapi perlu untuk diketahui bahwa berbelanja di pasar konvensional seperti Pasar Pusat Padang Panjang juga pilihan yang tepat. Selain transaksi terjamin aman, berbelanja di pasar konvensional akan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat terdekat kita. 


Redaksi Kominfo Padang Panjang telah merangkum TIPS dan TRIK belanja CoD dalam format infografis. Silahkan dibaca dan pahami sehingga tidak terjadi drama CoD di kota kita. 

#Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto