Tuntut Kebun Plasma Sawit, Masyarakat bersama Wakil ketua komisi I DPRD Ali Nasir. SH bersama Warga dan Tokoh Ninik Mamak Gelar Demo


Pasaman Barat  -  Kawasan Sumbar.Com Ratusan masyarakat Yang Dipertuan Kinali, Kecamatan Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat ( TUAH BASAMO), Sumatra Barat (SUMBAR) menggelar unjuk rasa. Mereka menuntut PT.  Laras Inter Nusa (PT LIN) di Kinali menunaikan kewajiban kebun plasma.

Warga mulai berunjuk rasa hari ini Selasa (08/06/2021) di depan kantor perusahaan. Dengan membentangkan spanduk berupa tuntutan, warga menuntut kewajiban perusahaan sesuai Undang-undang segera ditunaikan. (Perkebunan Swasta Tegaskan Taat Aturan Bangun Plasma)
Jelang siang, warga kemudian berkonvoi Aksi yang dipimpin langsung Pucuk Adat Kinali TK Mustika Yana Yang Dipertuan Kinali didampingi Wakil ketua komisi I DPRD Ali Nasir. SH selaku Anak Nagari beserta perangkatnya. Massa ini menuntut hak lahan perkebunan sawit berupa plasma mereka atas perusahaan sebesar 20 parsen yang selama ini diakui tidak pernah diberikan.  

Lanjut Wakil ketua komisi I Ali Nasir.SH mengatakan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan sawit ini ada sekitar 7 ribu hektar, sehingga masyarakat dan cucu kemenakan seharusnya menerima plasma sekitar 1.440 hektar sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku Pungkas Aciak. 

Aksi ini diawali dengan memportal jalan masuk perusahaan dan dilanjutkan dengan melakukan orasi di area lingkungan perusahaan.
Dalam orasinya Koordinator aksi Gusnipar Majosadeo yang juga merupakan ninik mamak setempat mengungkapkan kekecewaannya kepada pihak perusahaan yang dianggap telah mengelabui masyarakat selama ini.

"Hari ini kita melakukan aksi damai dengan mematuhi aturan-aturan yang ada dan proses negosiasi yang panjang, namun pihak perusahaan tidak memiliki itikat baik untuk memberikan hak masyarakat sebesar 20 parsen. Artinya, perusahaan telah mengelabui kita selama ini," tegas Majo Sadeo

Selain Niniak mamak aksi ini juga didampingi Ketua DPRD H. Parizal Hafni. ST dan Wakil Ketua komisi I DPRD Ali Nasir.SH, yang merupakan anak nagari Kinali. Dia menyatakan dukungannya terhadap Niniak mamak dan masyarakat dalam menuntut hak masyarakat.

Untuk kelancaran ujuk rasa koordinator aksi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk mematuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan aksi anarkis.

Dalam aksi demonstrasi ini terlihat juga Ketua DPRD H. Farizal Hafni dan Wakil Ketua Komisi I Ali Nasir.SH Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari pihak Polri/TNI dan unsur Muspika setempat. Hingga berita ini diturunkan aksi massa masih berlangsung dan pihak perusahaan belum tampak hadir. 

#Rajo Alam/Afif
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto