Wakil ketua komisi I Ali Nasir.SH: Hari Lahir Pancasila Momentum Guna Mempererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa


Pasaman Barat - Kawasan Sumbar. Com Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat (TUAH BASAMO), menilai Hari Lahir Pancasila yang harus setiap Tanggal 1 Juni perlu dijadikan sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan cara menanamkan nilai – nilai Pancasila di seluruh sendi kehidupan bermasyarakat, khususnya generasi muda.

“Karena generasi muda merupakan tongkat estapet dalam meneruskan perjuangan para pejuang dalam pembangunan yang dicita – citakan bersama,” ucap Anggota DPRD Pasaman Barat, Ali Nasir. SH Selasa, tepatnya (01/06/2021) kepada awak media di Kabupaten Pasaman Barat

Dikatakannya, Pancasila ditetapkan sebagai dasar ideologi negara untuk mempersatukan bangsa yang beragam adat istiadat, baik itu beragam suku – suku di bawah Bhineka Tunggal Ika.

“Agar kita tidak mudah dipecah belah oleh pihak lainnya. Oleh sebab itu, kita harus terus bersatu dalam ragam perbedaan dimaksud itu,” imbuh dia.

Lantaran itu, lanjut Ali Nasir. SH yang akrab disapa Aciak ini, dalam mengelola perbedaan ragam budaya, adat istiadat, suku – suku yang ada di negara ini dengan cara menanamkan sikap patriot dan nasionalisme masyarakat terhadap negara, dibawah idiologi Pancasila itu.

Selain itu, terang dia, cara mengelola perbedaan harus dengan cara demokrasi. Sebab terlalu banyak perbedaan yang tidak dikelola secara demokratis akan menghasilkan ketidakadilan.

“Dan tentunya perihal tersebut bisa menyebabkan perpecahan di tengah perbedaan ragam suku dan budaya,” paparnya.

Oleh karena itu, sambung dia, memaknai demokrasi juga tidak sebebas apa yang kita bayangkan. Namun, dalam kehidupan berdemokrasi kita semua tetap dalam batasan norma – norma dan hukum yang berlaku di negara yang kita cintai ini.

“Jikalau demokrasi tidak dibatasi oleh norma – norma dan hukum, tentunya sistem demokrasi akan menjadi liar, apabila tidak dikawal oleh hukum,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, Bangsa Indonesia harus mampu beradaptasi dengan setiap perkembangan ilmu dan pengetahuan serta teknologi. Misalnya, dalam era digital yang memberikan pelayanan cepat kepada seluruh masyarakat dunia lintas bangsa.

“Jika negara tidak tanggap terhadap perkembangan itu, rakyat akan lebih banyak berinteraksi secara digital dengan dunia luar, tentunya perihal itu juga berpotensi menyebabkan perpecahan,” nilainya.

Oleh sebab itu, pendapat dia, pentingnya menanamkan nilai – nilai Pancasila keseluruh sendi – sendi kehidupan bermasyarakat, baik dipelosok hingga masyarakat yang berada di perkotaan.

“Agar negara kita menjadi lebih kokoh dan kuat, sehingga tidak mudah dipecah belah oleh kelompok – kelompok kecil yang berseberangan dengan idiologi Pancasila itu, atau negara lainnya yang coba memecah belah,” pendapatnya.

Menurutnya, sebagai wakil rakyat yang langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat di Pasaman Barat, anggota DPRD dituntut kreatif dalam mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Karena anggota DPRD juga merupakan bagian dari alat negara sebagai pemersatu dan menanamkan nilai – nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat,” demikian pungkas Ali Nasir. SH yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi I DPRD kabupaten Pasaman Barat ini.

#Rajo Alam
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto