BERI BUKTI PERHATIKAN KEPENTINGAN MASYARAKAT LEWAT RESES

Pasaman Barat - Kawasan Sumbar. Com 
Suara Ali Nasir. SH : Kegiatan reses merupakan kewajiban bagi setiap anggota dewan, sebagaimana diatur dalam Undang undang. Setiap anggota diwajibkan melakukan kegiatan reses di daerahnya masing masing (Daerah Pemilihan) untuk menyerap aspirasi dari masyarakat dan konsituennya. 

Masih banyak keluhan masyarakat terkait masalah ekonomi, kesehatan, pendidikan dan sosial. Wakil rakyat harus dekat dengan rakyat, berani perjuangan kepentingan rakyat diatas segalanya itulah sosok idealis dan nasionalis dari salah satu anggota dewan yang berasal dari dapil II (Kinali khusus nya). 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) Ali Nasir. SH, ini saat, melakukan jaring aspirasi masyarakat (Jasmas)  reses II tahun 2021 di Nagari Kinali , Kecamatan Kinali  Kabupaten Pasaman Barat. Dalam kegiatan ini Ali Nasir. SH menyampaikan apa-apa yang menjadi keinginan warga, yang juga diisi dengan dialog ini, terlihat antusiasme masyarakat Kinali  khususnya para ibu-ibu pengajian Nagari Kinali di Kecamatan Kinali untuk bertatap muka langsung dengan para Wakil Rakyat di Dapil II sekaligus menyampaikan aspirasi mereka. Semangat kebersamaan dan keakraban pun terlihat saat mereka duduk bersama sambil menikmati hidangan kue dan Kopi yang tersaji, sembari berdialog satu sama lain.
Jaring aspirasi ini diadakan sebagai wadah warga untuk menyampaikan aspirasi dan uneg-uneg kepada anggota legislatif yang merupakan perwakilan dari masyarakat. Kinali, sebagai anggota DPRD dari komisi I  yang menangani bidang Pemerintahan menampung banyak aspirasi dari masyarakat setelah beliau memperkenalkan diri kepada warga.

Aspirasi warga terkait juga dengan pelayanan publik, kesehatan dan pendidikan diantaranya tentang sistem JAMKESDA untuk rawat jalan yang dirasa memberatkan warga, tentang Pelayanan Kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah yang kurang prima dan bersahabat dengan warga dibanding pelayanan Rumah Sakit Swasta dirasa lebih bersahabat dengan masyarakat dalam penanganannya.
Ali Nasir.SH , menjawab setiap pertanyaan dari warga dan akan menyampaikan aspirasi mereka kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Anggota DPRD dari Partai PKB ini juga menerima dengan tangan terbuka jika ada masyarakat yang datang ke kantornya (DPRD Kabupaten Pasaman Barat,red) untuk menyampaikan kritik dan masukan. Dimana acara jaring aspirasi ini juga dilengkapi dengan dialog tentang  kebutuhan masyarakat secara umum perlu kita kawal agar dapatnya direalisasikan. Paparnya.

Berbagai kebutuhan mulai dari bidang pemerintahan mulai dari pelayanan publik, pembangunan rehabilitasi pendopo desa, kecamatan sampai updating data penduduk miskin diangkat dalam pembahasan reses. Ini reses yang berkualitas. Tuturnya.

Wakil rakyat yang ramah ini menambahkan pentingnya pembangunan ekonomi di daerah guna meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Sementara di bidang ekonomi masyarakat meminta peningkatan produksi pertanian.
Pengadaan pestisida, penanganan banjir, pengadaan hand traktor, pembangunan break water pembangunan pasar tradisional, pemberdayaan koperasi dan UKM serta pengembangan pertanian, peternakan dan kelautan juga perlu diperhatikan. Paparnya

Dirinya menambahkan masalah pelayanan kesehatan dasar dan pemanfaatan jamkesda dilakukan sesuai dengan penggunaannya. Promosi (sosialisasi), pencegahan prefentiv perlu dilakukan secara continue hal ini penting untuk memberi pengetahuan masyarakat terhadap jenis penyakit yang ada. Tapi lanjut Ali Nasir. SH pengobatan atau tindakan medis juga penting untuk dilakukan, karena anggarannya sudah tersedia. Ujarnya

Untuk pertanian, Broto panggilan akrab sehari-hari menambahkan pembangunan infrastruktur irigasi pertanian sangat penting didunia pertanian. Hal ini untuk mewadahi ketika musim hujan tiba. Dengan irigasi yang baik, maka diharapkan dapat tersalurkan pada tempat-tempat penyimpan air (waduk, embung, sungai dan rawa). Pembangunan waduk, embung dan penampungan air juga perlu dibangun sesuai dengan kemampuan dan fungsinya. Paparnya.

Banyak hal yang harus kita lakukan dalam mengembangkan pertanian pada masa yang akan datang. Kesejahteraan petani dan keluarganya merupakan tujuan utama yang menjadi prioritas dalam melakukan program apapun. Tentu hal itu tidak boleh hanya menguntungkan satu golongan saja namun diarahkan untuk mencapai pondasi yang kuat pada pembangunan nasional. Tegasnya.

Pembangunan adalah penciptaan sistem dan tata nilai yang lebih baik hingga terjadi keadilan dan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Pembangunan pertanian harus mengantisipasi tantangan demokratisasi dan globalisasi untuk dapat menciptakan sistem yang adil. Selain itu harus diarahkan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, khususnya petani melalui pembangunan sistem pertanian dan usaha pertanian yang kuat dan mapan. Ujar Ali Nasir. SH 

#Rajo Alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto