Pacet Dan lintah Penghisap Darah



Padang, Kawasansumbar.com Selain nyamuk binatang penghisap darah ini yang kita kenal dengan nama pacet, atau lintah pasti sering kita jumpai di dalam hutan apa lagi di hutan dan di tempat yang lembab.


Pacet ini juga sering berada di badan hewan seperti kerbau. Pacet suka menghisap darah apa bila sudah menempel di kulit.biasanya Pacet sering menggantungkan hidupnya pada darah yang di hisapnya apabila pacet sudah kenyang dia akan terlepas sendiri.


Hewan lunak tersebut memang tidak terlalu berbahaya bagi keselamatan manusia. Namun, lintah yang sudah menghisap darah manusia atau darah hewan sebelumnya, kemudian menghisap manusia lainnya itulah yang berbahaya. 


Akan tetapi, bagi yang sudah terlanjur digigit lintah, bisa mencoba untuk melepaskan lintah dengan cara menyalakan api, rokok, menaburkan garam, hingga bahan kimia seperti alkohol, cuka, jus lemon, obat nyamuk, minuman panas atau minuman berkarbonasi tertentu. Hal ini dilakukan untuk memuntahkan isi perut lintah dan segera melepaskan hisapannya.


Tips supaya terhindar dari pacet:

1. Pakai baju dan celana yang panjang.

2. Pakai kaos kaki panjang yang tebal

3. pakai gaiters (pelindung kaki) wa ala

4. terus berjalan atau jaangan bersandar pada apapun di hutan lembab. 

5. Jika terkena, kalian bisa pakai tembakau yang dilarutkan air, untuk membuatnya ia pergi


Biasanya saat menaiki ke badan kita tidak terasa, namun setelah kenyang dia kabur melarikan diri kadang ada juga yang kepergok.

#Ria

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto