Pemkab Pasbar Gelar Lomba Bertutur Bagi Siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Pasbar


Pasamanbarat, Kawasansumbar.com Pembudayaan gemar membaca pada satuan pendidikan harus ditanamkan dan dilatih kepada anak-anak sedini mungkin dan dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis, dan komunikatif. Dalam mendukung serta membangun kegemaran membaca diperlukan kolaborasi antara keluarga, sekolah, komunitas, masyarakat, dan pemerintah.

Kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir, dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat. Upaya pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Bab XIII pasal 48 ayat 1.  

Berdasarkan hal tersebut, sebagai kontinuitas dan tolok ukur keberhasilan dalam pembinaan yang dilakukan, maka Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyelenggarakan kegiatan Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2021 pad Senin (5/7).

Lomba yang mengusung tema Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal tersebut dilakukan di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar Hj. Sutriarti, SE menyampaikan, disamping sebagai sarana pembudayaan kegemaran membaca dan menulis di kalangan anak-anak, lomba tersebut juga bertujuan untuk membangun pendidikan berkarakter dalam rangka menyeimbangkan antara kecerdasan intelejensi, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual.

"Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan kegemaran membaca di tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan bisa melestarikan aneka budaya daerah (lokal) serta membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, ras, budaya, seni dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," ungkap Sutriarti.

Disamping itu, Lanjutnya, program ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi bagi pembentukan kegemaran membaca melalui jalur sekolah dasar tingkat awal. 

Dari kegiatan tersebut, berikut  pemenang lomba Bercerita/ Bertutur bagi siswa-siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2021:

1. Juara I

Nama : RHOFAN MAULANA 

Asal Sekolah : SDN 06 TALAMAU

Judul Cerita : CINDUA MATO

Nilai  : 2.593

2. Juara II

Nama : TAQIA MAFAZA

Asal Sekolah : SDN 12 LEMBAH MELINTANG

Judul Cerita : CINDUA MATO

Nilai : 2.496

3. Juara III

Nama : ASROBIL HUDA

Asal Sekolah : SDN 10 SUNAGI AUR

Judul Cerita : CINDUA MATO

Nilai : 2.435

#Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto