PT BSS ,Bantah Buang Limbah Pabrik Kelapa Sawit Ke Sungai



Pasaman Barat - Kawasan Sumbar.Com
PT.BSS yang bergerak dalam usaha pengolahan kelapa sawit yang terletak di Kec Gunung Tuleh nagari muaro kiawai di simpang tigo Alin .Perusahaan ini mulai beroperasional sejak tahun 2014 dengan kapasitas produksi 45 a/d 60 ton/jam merupakan Pabrik kelapa sawit yg mengutamakan bahan baku kelapa sawit  dari masyarakat sehingga adanya persaingan harga yang berpihak kepada kelompok masyarakat maupun petani sawit mandiri.
menindak lanjuti laporan warga soal pencemaran sungai sungai batang Alin . Pada hari senin tgl 2 agustus 2021 Bupati sidak ke PT..BSS. atas adanya laporan dari masyarakat yang Diduga PT. BSS membuang limbah ke sungai batang Alin sehingga air tercemar dan adanya ganguan yang mengakibatkan ikan di batang Alin mati.
Bupati Sidak Ke PT. BSS didampingi Para Pejabat terkait Lingkungan hidup dinas DLH serta keamanan dan keresahan  masyarakat umum oleh dinas Satpol PP.
Menanggapi apa yang disampaikan dan kekuatiran pihak masyarakat tersebut pada sidak tersebut pihak manejer PT. BSS. yudha dan Humas PT. BSS serta bapak  syamri sbg tokoh masyarakat dan beberapa tokoh masyarakat lainya yang mendampingi kunjungan tersebut,menjelaskan bahwa PT. BSS  betul membuang limbah ke sungai /badan air ini sesuai dengan Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC) yang di miliki dan berencana kedepannya akan memanfaatka limbah cair tersebut sebagai pupuk.
Untuk hasil laporan pengawasan dan pemeriksaan laboratorium secara masih di bawah baku mutu, katanya. 

Pihak Prusahaan PT. BSS menyampaikan secara tegas , terjadinya ikan mati di  air sungai bukan karna adanya kerusakan teknis pipa lmbah yg bocor dan saat kejadian sudah selesai diperbaiki serta air limbah yang mengalir ke parit sudah diefakuasi agar tidak mencemari air sungai.

Mengenai pipa yg bocor tersebut hal ini Manager sudah menjelaskan kpd   Bupati saat meninjau langsung dilapangan bahwah kebocoran tersebut sudah diperbaiki. jadi  Manajemen PT . BSS membantah dengan tegas tidak ada kesegajaan Pihak prusahaan  membuang limbah ke sungai tersebut. 
Penaburan benih  ikan bersama bapak Camat didampingi Wali Nagari dan Menejer PT. BSS

terkait dgn adanya ikan yang mati dari pihak PT.BSS sudah melakukan pemberian  bibit ikan sebanyak 5000 ekor yang dilaksanakan pada rabu 4 agustus 2021, hal ini  untuk turut serta melestarikan habitat ikan di sungai batang alin  dan disaksikan langsung oleh camat gunung tuleh serta tokah masyarakat setempat dan juga memberikan biaya pemeliharaan ikan larangan  serta untuk pembangunan/perawatan mesjid alhudha simpang tiga alin .Rp.30.000.000./ tahunya di berikan kembali ke panitia mesjid sebagai tambahan uang kas mesjid tutup Manejer. 

#Rajo Alam
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto