KPU Tetapkan Pemilih Padang Panjang 39.507

 


Padang Panjang, Kawasansumbar.com  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang menetapkan pada triwulan ketiga ini, daftar pemilih ditetapkan sebanyak 39.507 orang. Hal tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), Kamis (30/9), di Aula Nova Indra.

Rincianya, Kecamatan Padang Panjang Timur berjumlah 16.611 pemilih dan 22.896 pemilih di Kecamatan Padang Panjang Barat.  

“Data pemilih berkelanjutan di triwulan III ini, berkurang dari triwulan II. Sebelumnya ada 40.222 orang. Pemilih berkurang disebabkan pindah keluar dan meninggal," kata Ketua KPU Okta Novisyah, S.Sos.I dalam rapat yang turut dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dra. Maini MM, unsur TNI/Polri, perwakilan partai politik dan undangan lainnya.

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini, ujar Okta, merupakan kewajiban KPU. Data pemilih terus bergerak, bisa berkurang dan bisa bertambah. Seperti pindah datang, munculnya pemilih baru yang sudah berumur 17 tahun, lalu alih status dari TNI dan Polri yang pensiun menjadi masyarakat sipil.

Di samping itu, Okta mengimbau masyarakat mau berperan aktif melakukan pemutakhiran data pemilih. Menurutnya, data yang akurat tidak hanya bergantung kepada upaya KPU melakukan update bekerja sama dengan Dinas Dukcapil, melainkan ada peranan masyarakat yang terlibat.

"Kalau ada perubahan status, yang berusia 17 tahun misalnya, telah melakukan perekaman e-KTP, kalau bisa melaporkan ke KPU langsung. Jadi kami langsung menginput kepada sistem data pemilih (Sidalih). Jadi di pemilu serentak tahun 2024 nanti, yang bersangkutan sudah masuk dalam data pemilih. Harapannya masyarakat proaktif," ujarnya. 

Okta juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak terutama Disdukcapil yang setiap bulan selalu berkoordinasi terkait update data. 

"Terima kasih telah menjalin kerja sama. Muaranya tentu pemilu 2024 dengan data pemilih yang akurat," tuturnya. 

#Ria/harris

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto