Pemerintah Kabupaten Solok Tindaklanjuti Kerjasama ke Kota Pekanbaru

 


Solok, Kawasansumbar.com Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melakukan kunjungan ke Kota Pekanbaru dalam rangka menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Solok dengan Pemerintah Kota Pekanbaru yang dipusatkan di Kantor Balai Kota Pekanbaru, Jumat (02/09/21).

 Hadir dalam kunjungan Bupati Solok yang diwakili Plh. Sekretaris Daerah Edisar, SH, M.Hum, Asisten Bidang Ekbangkesra Medison, S.Sos, M.Si, Kepala Barenlitbang Erizal, SE, MM, Sekretaris Pertanian Miharta Maria, S.Pt, Sekretaris DKUKMPP Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, Kepala Bagian Kerjasama Daerah Devi Pribadi,S.Sos, Kepala Bagian Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si, Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Imran Syahrial, SP,  Kasubag Kerjasama dengan Pihak Ketiga Ira Krismawati Manik, S.STP, Kasubag Hubungan Perantau Zarlisno Antoni, S.Pd, Kasi Pembinaan Usaha Perdagangan dan Jasa DKUKMPP Hengky Zeef, SE, dan Kasubag Layanan Hubungan Media Afriyanto, SH. 

Kunjungan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 2 sampai dengan 5 September 2021.

Kunjungan Bupati beserta rombongan ini disambut oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drg Helda, Kepala Bagian Kerjasama Daerah Fajri Adha, S.STP, Kepala Bidang Sumber Daya Dinas Pariwisata Genta, Direktur Utama (Dirut) PT. Sarana Pangan Madani (SPM) Ade Putra Daulay, beserta jajaran OPD terkait.

Walikota Pekanbaru diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drg. Helda mengucapkan selamat datang kepada Bupati Solok yang diwakili oleh Plh. Sekda Edisar, SH, M.Hum beserta rombongan ke Kota Pekanbaru. “Salah satu tujuan pertemuan ini adalah untuk membahas, serta mendiskusikan bagaimana tindaklanjut hasil kesepakatan dari masing- masing kepala daerah kita kemaren sewaktu kunjungan ke Kabupaten Solok. Pertemuan ini juga membahas peluang-peluang dan syarat-syarat yang akan kita siapkan di masing-masing OPD, dan pada prinsipnya kita siap mendukung kerjasama ini untuk ditindaklanjuti, selagi bermanfaat bagi kedua daerah” ungkap Drg Helda.

Selain itu Fajri Adha Kabag Kerjasama Kota Pekanbaru menyampaikan hasil kunjungan ini akan ditindaklanjuti dengan OPD terkait. Menurutnya, Kabupaten Solok sangat cocok dalam melakukan kerjasama dengan Kota Pekanbaru, karena produksi beras yang ada cuma 30% sedangkan, 70% masih men-suplay dari luar Pekanbaru.” Kami siap menampung produk unggulan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dalam jumlah yang besar,” tuturnya.

Bupati Solok diwakili Plh Sekretaris Daerah Edisar, SH, M,Hum mengatakan kedatangan rombongan dari Kabupaten Solok adalah untuk menjajaki dan menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Solok dengan Pemerintah Kota Pekanbaru. Perjanjian kerjasama ini dalam rangka meningkatkan ekonomi daerah baik di bidang pertanian, pariwisata, UMKM dan lain sebagainya. “Sebenarnya yang ingin berkunjung langsung adalah Bapak Bupati, namun karena saat ini kondisi Bapak Bupati kurang sehat, maka dari itu diwakilkan oleh kami selaku Plh. Sekda. 

Kami berharap kerjasama ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Solok, dalam memasarkan produk unggulan yang ada seperti beras solok dan bawang merah” ungkap Edisar.

“Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Solok sudah menanam benih unggul anak daro dan cisokan, hasil kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dengan BPTP Sumbar beberapa waktu yang lalu, Insyaallah pada saat panen perdana benih unggul ini kami akan mengundang Walikota Pekanbaru untuk datang ke Kabupaten Solok,” tutur Medison menjelaskan. Medison juga menjelaskan produk unggulan yang paling dominan adalah hasil komoditi di sektor pertanian seperti beras Solok dan bawang merah. Untuk memasarkan produk unggulan itu dibutuhkan tempat pemasarannya, dan salah satu pasar utamanya adalah Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kemudian Medison menegaskan bahwa Kabupaten Solok siap men-suplay produk-produk unggulan dari sektor UMKM melalui Dinas Koperindag, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Solok memiliki lebih kurang 12 Ribu UKM, 8 ribu diantaranya bergerak di bidang produksi makanan dan industri rumah tangga. 

Selain itu di bidang pariwisata Kabupaten Solok juga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, yang mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Solok, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Solok.

Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto