Bupati Tanah Datar Eka Putra Tingkatkan Perekonomian di Sektor Perikanan


Tanah Datar,- KawasanSumbar.com,—  Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Barokiah Jorong Koto Gadih Limo Kaum sebagai salah satu kelompok percontohan budi daya ikan nila menggunakan teknologi baru di Kabupaten Tanah Datar Jumat (8/10/2021) melakukan panen  perdana.

Panen perdana ikan nila hasil budidaya  Pokdakan Barokiah ini dilakukan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar, Ir. Helmi, kepala OPD terkait dan Wali Nagari Limo Kaum beserta masyarakat setempat.

Dari laporan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Ir. Hilmi mengatakan, Pokdakan Barokiah di Koto Gadih Nagari Limo Kaum ini merupakan salah satu kelompok percontohan yang bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar yang berhasil dalam budidaya ikan nila dengan memakai teknologi baru.

Program percontohan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi baru kepada peternak ikan yang akan menghasilkan produksi dan cara beternak ikan yang baik.

Terdapat 6 kelompok Pokdakan yang menjadi percontohan di Tanah Datar dan untuk percontohan ikan Nila Pokdakan Barokiah berhasil melakukan panen yang perdana

"Sekarang sudah 6 kelompok Pokdakan yang menjadi percontohan di Tanah Datar dan untuk percontohan ikan Nila Pokdakan Barokiah berhasil melakukan panen yang perdana pada hari ini," katanya

"Hasilnya  panen ikan jenis nila menggunakan sistem dan alat teknologi baru ini di Pokdakan Barokiah  menghasilkan  4 (empat) ekor ikan nila setiap kilonya dalam jangka waktu 4 bulan," tutur Hilmi.

"setiap Pokdakan untuk program percontohan pemerintah memberikan bantuan paket berupa benih ikan,  makanan ikan, peralatan budidaya untuk setiap kelompok." tutupnya.

Sementara itu Ketua kelompok tani ikan Barakiah, Mayendra dalam laporannya menyampaikan terima kasihnya kerena Pokdakan Barokiah ini mendapat kepercayaan untuk percontohan budidaya ikan nila dengan menggunakan teknologi baru dan hasilnya sangat memuaskan.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra pada acara tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai perhatian yang besar dalam rangka menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Ditambahkan, salah satunya yang perlu menjadi perhatian pemerintah adalah bidang perikanan, potensi peternakan ikan dapat berpengaruh untuk meningkatkan angka tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"salah satunya yang perlu menjadi perhatian pemerintah adalah bidang perikanan, potensi peternakan ikan dapat berpengaruh untuk meningkatkan angka tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. " tukasnya.

"Sekarang ini petani budidaya sudah dapat menggunakan teknologi yang canggih yang mempermudah dan mempercepat produksi sehingga menjanjikan untuk meningkatkan perrumbuha. Ekonomi masyarakat petani ikan," jelasnya lagi.

Dikatakan Beternak ikan sangat menjanjikan karena ikan merupakan makanan sehat dan tidak beresiko serta mudah dimasak dan dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sehingga produksi ikan mudah dipasarkan.

Menurut Bupati, Pokdakan Barokiah ini patut menjadi contoh peternak ikan lainnya di Tanah Datar karena sudah berhasil berproduksi dengan menggunakan sistem dan teknologi yang baru. (DST)

Silakan klik video berita dibawah ini:



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto