Kementan Tindaklanjuti Permintaan Genius Terkait Pembangunan RPH

 


 Pariaman, Kawasansumbar.com  Menindaklanjuti kunjungan Walikota Pariaman, Genius Umar ke Kementerian Pertanian (Kementan) beberapa waktu lalu, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Kementan RI, Syamsul Maarif beserta rombongan balik mengunjungi Kota Pariaman, Kamis (21/10).

“Hari ini kita mendampingi rombongan dari Kementan RI meninjau langsung kelapangan terkait rencana pembanguan Rumah Potong Hewan (RPH) yang berlokasi di Desa Marabau, Kecamatan Pariaman Selatan ,” ujar Genius.

“Rumah Potong Hewan (RPH) ini adalah suatu bangunan atau kompleks bangunan dengan desain dan syarat tertentu yang digunakan sebagai tempat pemotongan hewan untuk menghasilkan daging bagi konsumsi masyarakat umum. Ada tiga kewajiban yang harus dipenuhi RPH dalam menjalankan kegiatannya, yaitu persyaratan teknis, mutu pelayanan dan dampak lingkungan ,” sebutnya.

Genius menyebutkan, RPH merupakan tempat pemotongan daging dan menjadi salah satu bagian penting untuk menjamin ketersediaan daging yang layak untuk konsumsi masyarakat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Terkait rencana tersebut, pihak Pemko Pariaman saat ini sedang menyelesaikan pembebasan lahan dan infentarisir kelompok penerima. 

“ Kita akan sediakan tanah seluas 1,5 hektare untuk pembangunan RPH, labor, pengolah kulit, kios daging, ipal dan sarana lainnya ,” jelasnya.

Selain itu, Pemko Pariaman juga meminta bantuan 1000 ekor sapi ke Kementan tersebut.

Usai meninjau kelapangan, rombongan langsung dijamu minum oleh wako di Hotel Safari Inn. Dalam kesempatan tersebut, wako yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril menyerahkan kenang-kenangan berupa cendramata miniatur tabuik kepada Direktur Kesmavet Kementan, Syamsul Maarif. 

#Hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto