Percepatan Perekonomian Kerakyatan melalui KKN


Pasaman Barat - Kawasan Sumbar.Com Universitas Raden Patah Palembang , Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, Kabupaten Pasaman Barat bersama-sama melakukan Monitoring dan Evaluasi KKN Universitas Raden Patah. Dalam Monev yang berlangsung di Nagari Sunuruik , Jorong Paroman, Selasa (28/9/2921), berkesempatan melaunching Produk Unggulan berupa ".
Pembuatan keripik singkong dan daun bayam serta rempeyek
Jorong Paroman Khirul Ambri menjelaskan  Testimoni pemasaran Rabu 29 September 2021 di respon oleh masyarakat bagus sehingga ini bisa dikembangkan upaya pemberdayaan masyarakat

dengan cara mengolah hasil sampingan yaitu pengolahan ubi kayu dan daun bayam di jorong paraman , Nagari Sinuruik kec talamau Kabupaten Pasaman barat. disambut baik oleh Pengurus jorong paraman. 

Melalui program ini mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli serta berkontribusi kepada pengembangan potensi Jorong agar terbangun Jorong binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Penetapan jorong Paroman sebagai sasaran dari program kerja stabilitas perekonomian masa covid 19  ini dikarenakan pengolahan ubi kayu dan daun bayam di sekitar jorong Paraman cukup banyak dan berpotensi untuk dikembangkan.
 Berdasarkan informasi, permasalahan yang terjadi di Jorong  tersebut yaitu belum ada UMKM yang bergerak di bidang pengolahan hasil ubi kayu dan daun bayam  serta pengetahuan dan keterampilan masyarakat Jorong mengenai manajemen keuangan dan pemasaran dinilai masih kurang . Selain itu, adanya UMKM dapat membantu membuka lapangan pekerjaan dan membantu mengembangkan potensi tersebut. Produk olahan yang akan dibuat adalah keripik ubi dan keripik bayam  Crispy yang terbuat dari bahan  ubi kayu dan daun bayam  sebagai bahan baku utama dan bumbu-bumbu sebagai bahan baku pelengkap.

#Rajo Alam
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto