SMA 1 Lengayang Pessel Ciptakan Aplikasi Pemilah Sampah

 


Pesisir Selatan, Kawasansumbar.com Untuk memudahkan pemisahan berbagai jenis sampah, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, ciptakan aplikasi pemilah sampah.

Aplikasi yang juga akan memberikan manfaat kepada masyarakat dalam melakukan pemilahan sampah yang ada dilingkungan sekitar itu, diciptakan setelah pelaksanaannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), dan Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITTJ), Sabtu (16/10) lalu di sekolah itu.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh alumni 93 itu, memiliki tema Artificial Intelligence (AI) dalam menuju sekolah Adiwiyata.

"Program yang memudahkan dalam memilah sampah yang ada dilingkungan sekitar, serta dapat juga sebagai media pembelajaran tentang sampah di sekolah, telah dibuat di SMAN 1 Lengayang ini tercapai setelah digelarnya pengabdian kepada masyarakat dengan dosen dari ITTP, dan ITTJ yang diselenggarakan melalui kerjasama alumni 93 ini, Sabtu kemarin," kata Kepala SMAN 1 Lengayang, Saruddin, Senin (18/10/21).

Dia menambahkan, bahwa kecerdasan buatan ini sangat bermanfaat untuk sekolah, terutama untuk merayakan sekolah Adiwiyata yang akan dilakukan oleh tim penilai di sekolah itu nantinya.

Dijelaskannya, bahwa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu, panitia terdiri dari tiga orang narasumber. Diantaranya, Tri Ginanjar Laksana, S.Kom, M.Kom, MCS, Apri Junaidi, S.Kom, M.Kom, MCS, dan Ade Rahmat Iskandar, S.Kom, MT.

"Tri Ginanjar Laksana, S.Kom, M.Kom memberikan materi tentang pentingnya AI dalam kehidupan sehari-hari, Apri Junaidi, S.Kom, M.Kom, MCS, tentang pentingnya AI di sekolah, dan Ade Rahmat Iskandar, S.Kom, MT menyampaikan peran dosen dalam pengabdian kepada masyarakat," ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa dalam kesempatan itu pembicara kedua Apri Junaidi, S.Kom, M.Kom, MCS, langsung melakukan praktek melalui aplikasi android untuk mengenal sampah seperti organik, sampah anorganik dan sampah B3.

"Aplikasi yang dibuat khusus oleh tim dosen dari ITTP dan IITJ untuk SMAN 1 Lengayang ini, diberi nama Lengayang AI," tutupnya. **

#Ria/hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto