Wakil Walikota Pariaman Ikuti Diskusi bersama Wakil Kepala Daerah se Sumbar

 


 Pariaman, Kawasansumbar.com Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin (Mardison Mahyuddin II) didampingi Ibu Indriati Mardison (Indriati Mardison) menghadiri undangan acara ramah tamah sekaligus diskusi terkait efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi Wakil Kepala Daerah se-Sumatera Barat di Gedung Indojolito, Batusangkar, Jumat (29/10) malam.

Kegiatan yang digelar oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian tersebut merupakan pertama kalinya di Sumbar, dimana dalam kesempatan tersebut mempertemukan seluruh Wakil Bupati dan Wakil Walikota dari 19 Kota/ Kabupaten.

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin dalam kesempatan tersebut mengatakan, inti dari pertemuan ini untuk menjalin silaturahmi dan memberikan masukan tentang penguatan peran wakil kepala daerah.

"Wakil kepala daerah adalah wakil dari pucuk pimpinan (kepala daerah) di suatu wilayah pemerintahan. Sesungguhnya wakil kepala daerah punya kedudukan yang setara dengan kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, terkecuali dalam penentuan kebijakan ," ujar Mardison.

Kita berharap acara ini setiap bulan berlanjut. Kalo bisa kita bikin seperti di daerah lainnya sambil ada arisannya.

Mardison juga ingin dibentuknya Forum Wakil Kepala Daerah (Forwakada). Nanti forum ini kita resmikan secara bersama-sama dan dibuatkan badan hukumnya.

Dalam diskusi yang cukup hangat tersebut, Mardison juga mengajak para wakil kepala daerah untuk memperkenalkan diri beserta istri agar keakraban kita satu sama lain bisa semakin dekat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian mengatakan, inisiator terselenggaranya diskusi antar wakil kepala daerah se Sumbar ini adalah dari senior kita Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz dan Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

Beliaulah yang memiliki gagasan agar diskusi ini dilakukan, untuk ajang sharing dan berbagi pengalaman dalam memimpin daerahnya masing-masing.

Richi mengatakan bahwa peran wakil kepala daerah itu ialah membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah, membantu kepala daerah dalam mengkoordinasikan kegiatan instansi vertikal di daerah, serta melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah berhalangan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan pisau kerambit sebagai senjata tradisional minangkabau oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian kepada masing-masing wakil kepala daerah se-Sumbar. Sedangkan Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin juga menyerahkan plakat dari Pemerintah Kota Pariaman kepada Wabup Tanah Datar. 

#Doni/edwin

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto