Wabup Pelantikan Dekranasda Pasbar

 


Pasaman Barat, Kawasansumbar.com  Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) periode 2021- 2024 resmi dilantik, Senin (1/11) di aula kantor bupati setempat. 

Pengurus Dekranasda Pasaman Barat resmi dilantik oleh Ketua Dekranasda Pasbar Titi Susilawati Hamsuardi, didampingi Wakil Ketua Dekranasda Fitri Risnawanto. 

Musda sekaligus pelantikan pengurus Dekranasda tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Dekranasda Provinsi Sumbar Ridonald, SE.M.Si, Wakil Bupati Pasbar Risnawanto, Sekda Hendra Putra dan stakeholder terkait lainnya.

Dewan Pembina Dekranasda Pasbar Risnawanto dalam sambutannya mengatakan, setelah dilantiknya pengurus Dekranasda Pasbar periode 2021-2024 pembinaan untuk pengrajin diminta untuk terus ditingkatkan. 

"Karena tujuan dibentuknya Dekranasda ini adalah untuk membina para pengrajin agar bisa meningkatkan kreativitas dan ekonomi rumah tangga. Selanjutnya dipromosikan baik secara lokal maupun nasional. Ini penting dalam rangka melestarikan ekonomi rumah tangga,"kata Risnawanto.

Dengan kehadiran Dekranasda lanjut Risnawanto, maka hasil kerajinan dari Pasbar diharapkan bisa memiliki brand sendiri. Karena kerajinan di Pasbar sudah cukup banyak. Namun, belum memiliki brand yang berhasil membawa harum Pasbar. 

"Inilah tugas kita semua, untuk menambah semangat dan gairah para pengrajin kita. Dengan kehadiran kita, berbagai program kerja Dekranasda diharapkan mampu memasarkan produk-produk kerajinan di bumi mekar Tuah Basamo ini,"ulas Risnawanto.

Ketua Dekranasda Titi Susilawati Hamsuardi mengatakan dengan dilantiknya pengurus Dekranasda maka tugas berat akan ada di depan mata, karena Dekranasda bertujuan untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk pentingnya melestarikan nilai-nilai kerajinan. Karena di dalam kerajinan ada warisan budaya bangsa serta semangat mendorong kewirausahaan.

"Masih banyak potensi kerajinan yang perlu kita kembangkan. Untuk itu kita harus berupaya melakukan program kerja di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan semangat para pengrajin kita. Seperti dengan memberikan pelatihan kepada pengrajin,"kata Titi Hamsuardi.

Tentunya, lanjut Titi Hamsuardi, Dekranasda harus mampu mengayomi dan membimbing kerajinan di negeri sendiri. Karena program pokok dari Dekranasda untuk meningkatkan SDM pengrajin, sehingga mampu berdaya saing. Mampu mengembangkan diri dan bisa kerjasama dengan melihat pangsa pasar untuk menambah kekayaan intelektual.

Sementara itu, Sekretaris Dekranasda Provinsi Sumbar Ridonald, mengatakan Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

"Dalam menjalankan fungsinya, Dekranasda perlu secara terus menerus memajukan kerajinan ini agar mampu bersaing di dunia luar. Kita berharap Dekranasda ikut mengembangkan potensi kerajinan daerah agar mampu mengembangkan produk dan mensukseskan pemasaran baik offline maupun online,"jelasnya.

#Rajo Alam

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto