Eka Putra Buka Festival Pesona Minangkabau Untuk Menggaet Investor Beserta Meningkatkan Perekonomian



Tanah Datar,- KawasanSumbar.com, Demi melestarikan adat dan budaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar menggelar program tahunan yang terhenti selama pandemi covid-19, Festival Pesona Minangkabau di gelar Istana Basa Pagaruyung, Sabtu (13/11/2021).


Rangkaian acara Festival Pesona Minangkabau berjalan spektakuler, karena event dibuka dengan mempertontonkan arakan 14 Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar secara online.


Berdasarkan pantauan awak media KawasanSumbar.com dilapangan, event pun tidak hanya menampilkan beberapa tarian adat istiadat Minangkabau. Namun kesenian tradisional beserta kuliner ciri khas Minangkabau turut menjadi santapan bagi para pengunjung.


Event Pesona Minangkabau dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, beda dari tahun-tahun sebelumnya kegiatan harus berjalan sesuai protokol kesehatan (Prokes).

“Ini program tahunan kita, tujuannya untuk melestarikan adat dan kebudayaan Minangkabau. Tentunya dalam kegiatan ini berjalan lancar dan juga menerapkan protokol kesehatan,” kata dia dalam sambutanya.

Dari 14 Kecamatan di Tanah Datar juga memiliki beragam perbedaan dalam menampilkan ciri khas nagari per kecamatan. Event Festival Pesona Minangkabau 14 Kecamatan turut menampilkan adat mereka masing-masing.


“Berbagai adat budaya di 14 Kecamatan juga ditampilkan disini,” ujarnya kembali.


Eka Putra juga menambahkan di Festival Pesona Minangkabau 2021 ini juga mendapatkan rekor MURI. Dengan menunjukkan pagelaran penari piring dilakukan oleh seluruh sekolah se- Tanah Datar mulai dari SD dan SMP secara virtual, (online).


Dia juga berharap intensitas event ini akan digelar setiap tahun dan bisa menggaet investor baik dari lokal maupun bersekala Nasional. Eka juga mengatakan kepada awak media disaat jumpa pers, tujuan untuk event Festival Pesona Minangkabau 2021, juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


“Semoga kegiatan mempromosikan budaya dapat menarik wisatawan dan investor. Tentunya untuk kesejahteraan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.
(DST)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto