Mahasiswa ISI Padang Panjang Gelar Gelar Layang Layang Naga



Padang Panjang, Kawasansumbar.com HARI ini, Rabu (24/11), kota hujan tampak gembira. Kota yang biasanya ‘murung’ dilingkupi mendung --karena memang terletak pada kawasan pegunungan dengan curah hujan yang cukup tinggi mencapai rata-rata 3.295 mm/tahun--, menampakkan keelokannya. 

Langit senja Padang Panjang tampak merona, lantaran dihiasi sinar jingga yang melukis cakrawala dari ufuk barat. Kondisi yang cukup langka ini, kemudian dimanfaatkan Febi Alwardi (21) untuk menerbangkan layang-layang naga hasil rakitannya sendiri. 

Febi, mahasiswa semester 5 Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang ini, wajahnya tampak berseri ketika membentangkan bagian demi bagian tubuh layang-layang naga yang panjangnya mencapai 40 meter tersebut di Lapangan Anas Karim yang bersebelahan dengan Pasar Kuliner (Paskul) Kota Padang Panjang. 

Kebahagiannya bertambah, tatkala karyanya itu mencuri perhatian belasan anak-anak dan kawula tua Padang Panjang yang akhirnya turut membantu dalam proses pembentangan. 

Senyuman merekah dari wajah anak-anak yang secara berjarak mengangkat tubuh layang-layang naga yang terbuat dari kerangka bambu dan tali yang diselimuti oleh kain parasut tersebut, menjadi cita-cita seniman muda ini dalam menciptakan karyanya. 

Febi memegang tali yang diikatkan ke bagian kepala naga dan kemudian berlari sembari menarik-ulur tali agar naganya terbang semakin tinggi. Anak-anak bersorak-sorakan tatkala layang-layang naga itu meliuk-liuk menampilkan keelokan perpaduan warna hijau kuning dan merah yang memenuhi bagian tubuhnya di udara. 

Kawula tua tampak memperhatikan dari kejauhan. Agaknya sedang bernostalgia kembali kemasa di mana mereka masih berlari-larian di lapangan bermain layangan. 

Karya Febi ini ternyata memotivasi Aldo (13) untuk menciptakan layang-layang kreasi dengan bentuk yang serupa. Febi melalui karyanya ingin memotivasi anak-anak dan kaum muda di Kota Padang Panjang agar dapat menciptakan karya yang serupa atau bahkan lebih, yang dapat melestarikan permainan layang-layang terkhususnya layang-layang kreasi. 

desi

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto