Sekolah Adat Uma Jaraik Sikerei

 


Mentawai, Kawasansumbar.com Sekolah Adat Uma Jaraik Sikerei, Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai. Akhir bulan Oktober lalu belajar tentang seni tradisional Mentawai salah satunya mempelajari tentang seni tato tradisional Mentawai (Titi'). 

Siswa sekolah adat secara teroris belajar tentang pengetahuan alat dan bahan pembuatan, mengenal motif, simbol dan filosofi tato (Titi') dari wilayah Siberut Selatan, termasuk pengetahuan tentang tahapan dan proses pembuatannya yang dipandu dan didampingi oleh guru program YPBM dari tetua adat dari Desa Muntei. 

Masyarakat suku Mentawai Sangat senang melihat tetua adat dan sebagai generasi muda diajarkan dan mendapatkan pengetahuan yang berharga dari tetua adat dari suku mentawai.

Masyarakat suku Mentawai berharap Semoga kebersamaan dan transfer pengetahuan seperti ini akan tetap terjaga sehingga nilai-nilai budaya dan tradisi dari suku mentawai selalu terbawa dari generasi ke generasi. 

Semangat selalu Sekolah Adat Uma Jaraik Sikerei. Yang selalu memberikan pelatihan dalam mengajarkan seni dan budaya.

Para siswa tidak melakukan proses tato secara langsung. Peragaan dan Media pembelajaran hanya untuk mendukung proses belajar mengajar siswa sekolah adat.


#Bode

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto