Sosialisasi Empat Pilar Mhd Asli Chaidir di Kota Padang Bersama Anggota KSMP Terlaksana Sukses

Padang,Kawasansumbar.com - Keluarga Suku Malayu Padang mengadakan "Sosialisasi Empat Pilar", bersama H. Mhd Asli Chaidir di KM 25 Anak Air Bypass, Jln. Adi Negoro kec Koto Tangah, Kota Padang. Minggu (21/11).,

Dalam sosialisasi ini Asli Chaidir mengatakan "Sosialisasi 4 Pilar ini merupakan tonggak dasar rakyat Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, yang keempat tersebut menjadi satu dan menjadi kokoh agar terwujud kerukunan masyarakat, apalagi dimasa pandemi ini," katanya. 

Dengan tema bertajuk "Memperkuat Kerukunan Dan Toleransi Dimasa Pandemi", Asli Chaidir yang merupakan anggota DPR RI datang menjumpai Keluarga Suku Minang Padang (KSMP), yang telah terbentuk beberapa bulan yang lalu. Dengan serta merta bertujuan untuk menjalin kekerabatan badunsanak sesama suku Malayu yang ada di kota Padang. 

Keluarga Suku Malayu Padang ini tidak menunjuk seorang ketua, mereka memakai azaz musyawarah, oleh karena itu ada para niniak mamak dan bundo kanduang yang di"tuo"kan (dituakan/dihargai), selaku dewan penasehat. 

"Kami ada beberapa orang selaku yang dituakan, yaitu mamak Mardi, mamak Joni Ismed, mamak Syafruddin,Zulkifli Malay, Bundo Ety dan Bundo Meylinar, Kami disini menjadi dewan penasehat dalam KSMP, jadi segala sesuatu yang akan dilaksanakan akan dimusyawarahkan terlebih dahulu, makanya di KSMP ini tidak menunjuk satu orang ketua, yang ada hanya sekretaris, bendahara dan pengurus bidang-bidang," kata Joni Ismed kepada Kawasan Sumbar . com di lokasi acara. 

Selain sosialisasi kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi sesama orang suku Malayu di Padang, juga akan melaksanakan kegiatan sosial seperti apabila ada dunsanak yang sakit atau berduka karena ada keluarga yang meninggal dunia, serta apabila ada yang anak cucunya baralek maka sesama dunsanak bersama-sama akan datang berkunjung. 

"Harapan ke depan, KSMP ini akan semakin giat, saling kasih dengan sesama dunsanak, dan juga adanya Keluarga Suku Melayu Padang ini bertujuan untuk menghindari kawin/nikah sasuku," kata Joni Ismed, salah satu mamak pendiri KSMP. Walau dari pagi kota Padang diguyur hujan yang merata hampir di semua daerah di Padang, akhirnya menjelang siang hujanpun reda dan kegiatan ini telah terlaksana dengan baik hingga sore hari kemaren, hari Minggu tanggal 21 November 2021. 

#adtara | tim

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto