Diskominfo Sultra Menyelenggarakan Tjuk Bincang Bincang Bersama Awak Media

 


Sultra, Kawasansumbar.com  kamis, 23 Desember 2021 Dinas Kominfo Prov. Sultra menyelenggarakan kegiatan dengan tajuk BINCANG-BINCANG BERSAMA AWAK MEDIA yang ber-tema "Refleksi Ahir Tahun Capaian dan Tantangan Pembangunan di Provinsi Sulawesi Tenggara" di salah satu hotel presentatif Zahra Syqhriah Hotel Kendari. 

Selain itu, acara Bincang-Bincang ini dihadiri pula oleh Ketua AJI Kota Kendari, ibu Rosniati Fikri dan Ketua dan Sekum PWI, Sarjono dan Mahdar, Kepala LPP RRI Kendari Said Abdillah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Prov. Sultra, M. Ridwan Badallah mewakili Gubernur Sulawesi Tenggara. 

Dalam sambutan Kepala Dinas Kominfo Sultra, memgatakan "kegiatan bincang-bincang ini sebenarnya diagendakan rutine setiap 3 bulan sekali yang dijadwalkan bincang-bincang dengan Pemerintah Provinsi bersama media di Provinsi Sulawesi Tenggara"

"Membangun komunikasi dan persamaan persepsi pemberitaan media mengenai pemberitaan pembangunan pemerintah. Penyebaran informasi mengenai pembangunan pemerintah diharapkan ada sinergi informasi yang disajikan kepada publik" lanjut Kadis Kominfo Sultra.

Acara ini, bertajuk bincang-bincang, artinya pemerintah membuka diri untuk berdiskusi dalam menerima masukan dari media, kendala dan solusi dapat dibahas bersama dalam bincang-bincang.

Asrun Lio, pada pemberian statemen pengantar dalam diskusi sebagai nara sumber menekankan bahwa tahun 2022 HPN akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah, dan perintah Gubernur kepada penyelenggara mensukseskan agenda nasional ini dengan memgerahkan segala sumber daya yang ada demi suksesnya Hari Pers Nasional 2022.

Ridwan Badalah, pada slide yang ditayangkan memberikan materi Bincang-bincang, sbb :

1. Diskominfo adalah humas pemerintah, yang memiliki peran sebagai mata, telinga dan mulut pemerintah,

2. Diskominfo sejak 2016 hadir dengan 3 urusan yaitu : komunikasi dan informasi, statistik dan persanrian.

3. Dengan besarnya tanggungjawab diskominfo, maka dibentuklah Biro Adpim yang akan mebackup tugas-tugas informasi dan komunikasi publik yang dikhususkan pada kegiatan pimpinan, yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur serta Sekertaris daerah.

4. Tahun 2022, Diskominfo tetap mebackup masalah pemberitaan dengan bekerjasama dengan media online yang dibatasi sesuai besaran anggaran yang disediakan dan disetujui oleh DPRD.

5. Dalam satu tahun terakhir, Diskominfo dengan memberikan informasi kegiatan-kegiatan pemerintah, bidang informasi dan komunikasi publik dapat menggebrak informasi pada sosial media dengan penyebaran informasi yang dinilai cukup informatik dari komisi informasi pusat ditandai dengan menerima penghargaan yang diumumkannya kepada publik Indonesia.

6. Dalam menghadapi HPN 2022, Sultra sebagai tuan rumah Diskominfo wakil Pemerintah Provinsi dan PWI Sultra telah siap menggelar event akbar berkelas Nasional ini dengan menggunakan sumber daya yang tersedia dan menyediakan dana 10M.

7. Diskominfo juga pada tahun 2021, focus menyediakan infrastruktur Command Center respentatif dengan fasilitas Videowall ukuran 7 x 12 meter yang dapat digunakan oleh media secara gratis bila ada acara-acara yang sifatnya daring atau luring. 

8. Diskomimfo ficus juga dalam menjalankan tugas pada urusan statistik dengan menerbitkan buku data sektoral prov. Sultra yang telah dilauncing.

9. Selain itu, Diskominfo membentuk relawan TIK provinsi Sulawesi Tenggara yang diketuai oleh bapak Eko dan telah disosialisasikan disalah satu hotel di kendari.

10. Di bidang IKP, Diskominfo telah membangun dan menyiapkan peralatan untuk sosial media, yaitu podcast.

11. Pada urusan persandian, diskominfo juga telah meluncing penggunaan Tanda-tangan elektronik yang telah dilaunching oleh BSSN bersama Pemprov. Sultra di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra.

12. Diskominfo juga banyak membangun aplikasi berbasis online atau website yang informatif dan menyajikan informasi kepada publik/masyarakat.

Itulah refleksi ahir tahun capaian yang telah dilaksanakan Diskominfo selama satu tahun ini, dan semoga dapat menjadi bahan diskusi dalam acara Bincang-Bincang bersama awak media ini, dengan membangun pola komunikasi yang baik dan bermartabat.

® hms

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto