Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Ajak Masyarakat Berkebun dan Manfaat Lahan Secara Maksimal

 


Dharmasraya , kawasanSumbar.com – ketua DPRD kabupaten Dharmasraya bapak pariyanto SH. Mas pariyanto mengajak masyarakat lokal berkebun karena saat ini perkebunan sawit cukup berkembang dan sangat berpotensi jika dibudidayakan dan manfaat batas sepadan di tanami pohon pinang Karena ada nilai tambah nya secara pinansial secara langsung meningkatkan pendapatan bagi pekebun sawit.

Walau memiliki waktu kerja yang padat , mas pariyanto bagi waktunya untuk pergi ke kebun miliknya merawat ,memupuk dan sebagainya di waktu hari Libur.

Menurutnya ini merupakan tonggak untuk kesejahteraan petani sawit saat ini. Jika saja setiap kepala keluarga memiliki kebun sawit dengan luasan 2 hektar maka bisa mencukupi kebutuhan hidupnya.

“Dengan luasan 2 hektar jika setiap kepala keluarga punya maka bisa sejahtera, setidaknya urusan kebutuhan pokok bisa terpenuhi jelas pariyanto

makanya saya terus arahkan mari berkebun, orang dari luar berlomba-lomba bikin kebun di daerah kita sementara kita orang lokal belum ada kebun sama sekali sebagai jaminan hidup,” ungkapn, Minggu (19/12/2021) .

Di sisi lain dia mendorong agar pemerintah daerah bisa mengundang investor untuk pabrik pengolahan kelapa sawit.

Pabrik ini diharapkan menggandeng petani lokal yang saat ini banyak membudidayakan komoditas kelapa sawit.

Parriyanto juga mengajak masyarakat lokal jangan terlena paling tidak harus punya kebun pribadi untuk cadangan kedepannya.

Pariyanto menyebutkan saat ini produksi buah dari kalangan petani ini di pasok kepada pabrik milik perusahaan perkebunan di daerah itu.

Jumlah pabrik yang tersedia saat ini pun masih kurang banyak jika dibanding dengan hasil produksi petani. Diperkirakan dalam sehari saja untuk seluruh petani di dharmasraya ini bisa menghasilkan ribuan ton kelapa sawit.

“Beruntung masih ada pabrik perkebunan yang menerima tandan buah milik warga. Makanya jika ada investasi untuk sektor kelapa sawit apakah itu pabrik sampai kepada industri hilirnya sangat kita dukung untuk kemajuan dan kesejahteraan petani di daerah ini,” Demikian pariyanto


# dimetri Robi

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto