Ketua Umum Senkom Mitra Polri Intruksikan Sukseskan Diklanas Bela Negara Tahun 2021

 


Jakarta, Kawasansumbar.com - Dalam upaya membangkitkan kesadaran bela negara bagi anggota, Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri akan mengadakan Diklat Nasional Bela Negara Tahun 2021 yang diikuti anggota Senkom Mitra Polri seluruh Indonesia.

Diklat Nasional Bela Negara tahun ini dengan tema "Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tumbuh". Pun bertujuan untuk membangun kesadaran anggota Senkom Mitra Polri bersama penyelenggara pertahanan keamanan guna menjaga dan melindungi kedaulatan negara , keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keselamatan segenap bangsa Indonesia dari segala bentuk ancaman. Termasuk juga mewujudkan anggota Senkom Mitra Polri berkontribusi dalam mempertahankan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan Pertahanan.


Diklat Nasional Bela Negara Tahun 2021 akan diselenggarakan secara Luring di Pusdiklat Senkom Mitra Polri Sawangan, Depok, Jawa Barat dan diikuti oleh semua anggota Senkom Mitra Polri seluruh Indonesia melalui Daring di masing - masing tempat selama 1hari pada hari Kamis (16/12/2021).

Ketua Umum Senkom Mitra Polri Karno Hadi, S.E mengintruksikan agar Senkom Mitra Polri bisa mensukseskan kegiatan Diklat Nasional Bela Negara Tahun 2021 dengan cara luring maupun daring serta melaksanakan bela negara untuk membantu Pemerintah dan Aparatur Negara dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Karena Diklat ini diperuntukkan bagi seluruh anggota Senkom se Indonesia, jika dihadirkan semua ke Pusdiklat Sawangan Depok, tentu tidak muat, karenanya, kita atur, untuk yang wilayah sekitar Pusdiklat seperti peserta yang berasal dari Jabodetabek-Sergon, Cibinong, Cikampek dan Karawang sebanyak 300 orang, termasuk Anggota SRC di wilayah tersebut, adapun bagi mereka yang berada di wilayah timur, dan seluruh Pengurus Provinsi di 34 Provinsi, seluruh Pengurus Kabupaten/Kota, termasuk peserta per-Kecamatan sebanyak 10 orang, mereka mengikuti secara daring," ujar Katno Hadi.

Katno Hadi selanjutnya menjelaskan bahwa Pertahanan Negara bukan saja tugas TNI Polri, tetapi sebagai warga negara juga memiliki tanggung jawab bersama. Hal itu sebagaimana tercantum dalam Undang Undang Negara RI Nomor 3 Tahun 2002, bahwa dalam penyelenggaraan pertahanan negara setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara sebagai pencerminan kehidupan kebangsaan yang menjamin hak-hak warga negara untuk hidup setara, adil, aman, damai, dan sejahtera. 

Kegiatan Diklat Nasional Bela Negara Tahun 2021 akan dihadiri oleh Menko Polhukam 

up. Staf Ahli Bidang Ketahanan Nasional, Menteri Pertahanan, Dir Bela Negara, Menteri Dalam Negeri,  

Dirjen Polkum, Kepala BNPT, BNN, Deputi Bidang Pencegahan, BNPB, Sekum, BASARNAS, Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi, KAKORBINMAS, KAPOLDA METRO JAYA, PANGDAM JAYA, DANJEN KOPASUS, dll.

Siap hadir pula sebagai nara sumber, Dirjen Pothan, BNPT, Kemeterian Dalam Negeri, Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi BASARNAS, BNN, dan Binmas Polri. 

Hms


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di Website www.kawasansumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Adrianto